:: SELAMAT DATANG di Media Online “BERITA.Com” ::

Sabtu, 04 Juli 2009

SABA DESA



DESA SUKAMANAH AKAN KEMBANGKAN OBJEK WISATA PASIR DALEM

Selama ini tak ada yang menduga,bahwa Desa Sukamanah di Kec.Sin dangkasih Kab.Ciamis memiliki dua objek wisata lokal yang cukup potensial bila dikembangkan, dan bahkan dapat menghasil kan rupiah untuk menam bah Pendapatan Asli Desa (PADes) maupun karang taruna desa setempat. Ke dua objek wisata tersebut adalah Pasir Dalem dan pa norama alam Gunung Bangka.

“Rencana jangka pen dek ,kami akan berusaha mengembangkan objek wisata Pasir Dalem,karena lokasinya berdekatan deng an perkampungan padat penduduk,berada tak jauh dari jalan raya dan juga ke wilayah Kota Tasikmala ya.”ujar Surjaman S,Kepa la desa Sukamanah.

Surjaman menjelaskan ,suasana di Pasir Dalem yang sejuk dan di atas gu nung kecil itu memiliki pelataran yang cukup luas Langkah awal yang akan dilakukan untuk menarik minat wisatawan lokal, yakni di pelataran Pasir Dalem hendak dibangun sarana olahraga,misalnya untuk kegiatan olahraga ringan seperti senam kesegaran jasmani. Dalam pengelolaannya akan

dipasrahkan kepada para pemuda karang taruna desa.

Selain itu,pihak desa akan membuka jalan seta pak menuju ke Pasir Dalem agar pengunjung dapat lebih mudah menjangkau nya,di samping melakukan penataan di seputar gunung tersebut agar terlihat asri sehingga para pengunjung betah menikmati suasana kesejukan di sana.

Beberapa tahun lalu, lanjut Surjaman,ter nyata Pasir Dalem banyak dikun jungi masyarakat baik un tuk bersantai mau pun berolahraga hiking atau ja lan kaki,juga suka dijadi kan tempat botram (makan bersama).Pada wak tu itu, pengunjungnya seba gian besar pelajar SMP dan SMA maupun kalangan remaja.

Selain itu,pihak Desa Sukamanah berkeinginan membuka dan mengembangkan objek wisata Gunung Bangka,yang memiliki panorama alam di kawasan hutan Gunung Sawal yang berdekatan dengan hutan milik Perum Perhutani.Keindahan panorama alam di Gunung Bangka sungguh menakjubkan bagi siapapun yang berkunjung.

Namun sayangnya,lokasi objek wisata Gunung Bangka cukup jauh karena berada di ujung desa berbatasan dengan kawasan hutan Gunung Sawal,dan juga sarana jalan yang rudak bahkan sebagian besar be lum di aspal.”Saya optimis, kedua objek wisata ini ba kal banyak dikunjungi wisa tawan lokal.”tuturnya. (REDI.M)****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar