:: SELAMAT DATANG di Media Online “BERITA.Com” ::

Sabtu, 04 Juli 2009

OTOMOTIF

PERIKSALAH KONDISI MOBIL SECARA HARIAN,MINGGUAN & BERKALA

WALAU bagaimana pun,kondisi kesehatan mobil yang selalu digunakan untuk kepentingan harian,maka perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan secara harian, mingguan dan berkala.Untuk point terakhir,yakni keharusan melakukan pemeriksaaan dan servislah mobil sesuai jadwal yang baku.

Sejumlah kegiatan harian,mingguan dan berkala berikut ini perlu dilakukan untuk menjamin optimasi fungsi mobil bersangkutan.Sebab,dengan melakukan pemeriksaan secara rutin tersebut,maka segala gejala kerusakan akan dapat terdeteksi sedini mungkin.Bila hal ini dilakukan,mobilpun akan lebih awet dan tak akan mengalami mogok diperjalanan.

PEMERIKSAAN HARIAN

v Sebelum mengendarainya,cobalah periksa dahulu mobil Anda,dan ini bias dilakukan dengan cara mengelilingi mobil.Tidak saja untuk melihat kondisi ban kemps atau tidak,tapi juga untuk memeriksa selurih body,seluruh lampu dan kaca spion.Juga termasuk akan segera mengetahui keanehan,misalnya,cat mobil yang tergores.

v Panaskan mesin mobil dengan sempurna.Apalagi bagi mobil jenis konvensional,yakni memakai system karburator,maka pemanasan mesin mutlak harus dilakukan dengan baik.Hidupkan mesin hingga petunjuk temperature mengarah pada angka 80-90 derajat.Karena pada kondisi ini,semua system pengapian,pencampuran udara dan BBM serta putaran oli mesin sudah optimal.Sehingga mobilpun kini layak untuk dijalankan. Kecuali untuk mobil bersistem injeksi,proses pemanasan mesin tidak perlu dilakukan,bila mesin sudah hidup maka mobil siap untuk dijalankan.

v Perhatikan kondisi mobil saat mulai bergerak,misalnya saat mengeluarkan dari garasi, cobalah fungsi rem dan rem tangan,adakah keanehan bunyi atau getaran pada mobil.Bila tidak ada keanehan, kegiatan berikutnya adalah melihat odometer pada bagian meter bensin.

PEMERIKSAAN MINGGUAN

v Pada umumnya,mobil memiliki lampu pengontrol ketersediaan oli mesin. Lampu ini segera menyala bila terjadi pengurangan oli mesin.Namun, pemeriksaan oli mesin harus dilakukan seminggu sekali.Karena banyak mobil yang mesinnya rembes dan olipun selalu berkurang.Lampu pengontrol oli hanya akan menyala hingga setengah dari jumlah yang seharusya.Padahal,sedikit saja mobil kekurangan oli mesin,akibatnya bisa fatal.Hal ini perlu mendapat perhatian.

v Kebocoran radiatordapat bermula dari lubang seukuran jarum.Karena itu,pemeriksaaan jumlah air pada radiator,minimal seminggu sekali untuk segera mengetahui hal ini.Pengurangan air radiator dapat mengakibatkan kerasnya karet pada penutupnya.Gantilah karet yang fungsinya mengganjal penutup untuk menahan penguapan air.

v Periksalah minyak rem dan power steering secara seksama.Sebab, pemeriksaan minyak rem dan power steering tidak hanya perlu untuk mengetahui volume senyawa kimia yang tersedia tersebut,tetapi juga untuk mengetahuijadwal penggantian oli mesin.

v Periksa tandon air wiper.Sebabkehabisan air penguyur kaca untuk mengoptimalkan kerja wiper ini akan cukup mengganggu bila turun hujan yang tidak merata.

v Periksalah kondisi tekanan ban seminggu sekali.Selain demi kepentingan keselamatan,ypaya mempertahankan ukuran ban ideal akan memperpanjang usianya.Jangan lupa periksa kondisi tekanan

ban cadangan.

v Periksa seluruh fungsi lampu dan perlengkapan elektronik lainnya seminggu sekali sehingga kita tidak harus menghadapi kesulitan ketika mengemudi di malam hari pada kondisi hujan dan harus tergesa-gesa. Pemeriksaan optimasi fungsi lampu dan perlengkapan elektronik ini memang lebih ditujukan untuk kenyamanan.

PEMERIKSAAN BERKALA

v Pemeriksaaan secara berkala ini dimulai dengan mengetahui kapan oli mesin,oli garden bagi mobil yang berpenggerak roda belakang dan oli persneling harus diganti.Segera ganti oli jangan sampai menunda waktu.

v Periksa data dan laporan dalam buku ‘harian’ mobil anda,misalnya komponen apa saja yang harus diganti,misalnya jumlah kilometer penggunaan timing belt yang telah habis dan lainnya.(REDIEM)@@@

R E D I E M

PO.Box: 05/IH

Tasikmalaya 46151

Tidak ada komentar:

Posting Komentar