:: SELAMAT DATANG di Media Online “BERITA.Com” ::

Sabtu, 04 Juli 2009

Profil Camat Berprestasi


Drs.Deni Diyana MSi
‘CIPEDES ON LINE’
UNTUK TINGKATKAN PELAYANAN


Selasa 19 Agustus 2008 lalu,merupakan hari kebahagiaan tersendiri bagi Drs.Deni Diyana, Msi.Betapa tidak! Karena pada hari itu,Deni Diyana (33) dilantik oleh Walikota Tasikmalaya Drs.H.Syarif Hidayat Msi sebagai Camat Cipedes.
“Kepercayaan dan jabatan itu amanah.Insyaallah,saya akan melaksanakannya seoptimal mungkin.”ungkapnya kepada Buser Trans saat memberi ucapan selamat.
Selepas dilantik,mantan Kasubbag Diklat pada Bagian Kepegawaian Setda Kota Tasikmalaya ini,langsung memikirkan beberapa program kerja dan action plann berikut langkah-langkah kegiatan untuk menjabarkan tupoksi dalam jabatan barunya sebagai Kepala Kecamatan Cipedes.
Langkah pertama yang hendak ia lakukan,menurut suami Ny.R.Noviani Ahmad SE MM ini,maka akan menjabarkannya dalam dua program kerja yakni penataan internal dan eksternal.
Adapun penataan internak dimaksud,adalah penataan dan pembenahan kinerja aparatur kecamatan beserta kelurahan bawahannya melalui penegakkan disiplin dan jam kerja disertai dengan peningkatan kesejahteraan,peningkatan etos kerja dan budaya kerja,serta peningkatan pelayanan administratif untuk pemerintah atasan.Selain itu,penataan dan pemenuhan sarana-prasarana/infrastruktur pendukung kerja,dan optimalisasi perangkat keras (hardware) pelayanan.
Sementara penataan eksternal,kata Deni Diyana,yakni peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat,kemudian peningkatan peran dan fungsi koordinasi antar instansi yang ada di kecamatan sehingga terjalin suatu sinegritas kegiatan,termasuk juga dengan instansi vertikal (Koramil dan Polsek).
“Juga pemberdayaan seluruh instansi di lingkungan kecamatan untuk mendukung pencapaian Renstra Kota Tasikmalaya.”tutur ayah dari Farkhan Nindyarayhan Dhanendra.

PORTAL ‘CIPEDES ONLINE’
Selain program kerja di atas, ada satu gagasan Deni Diyana yang cukup ‘prestisius’ cemerlang,yakni ingin seluruh staf Kec.Cipedes melek Teknologi Informasi (TI).Hal ini tentunya seiring dengan perkembangan zaman dan globalisasi dalam berbagai bidang.
“Jangan sampai,staf kecamatan ketinggalan perkembangan Teknologi Informasi yang kini semakin modern dan canggih.” Jelas lulusan STPDN tahun 2007 ini.
Dalam upaya mewujudkan gagasan prestisius itu,penggemar musik cadas ini merencanakan suatu kegiatan yang dinamakan “Cipedes Online”,yakni membangun portal khusus yang terkoneksi dengan websites Kota Tasikmalaya yang sudah ada: www.tasikmalayakota.go.id.
“Dengan adanya media atau portal khusus ini,maka diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara online.”tuturnya.
Karena itu,Deni Diyana berharap bahwa Kec.Cipedes dijadikan proyek percontohan dalam pemberian pelayanan secara online kepada masyarakat.Sebab,ada banyak manfaat dari program Cipedes Online ini,di antaranya dapat menyajikan seluruh potensi yang ada di Kec.Cipedes khususnya,dan bahkan dapat diakses di seluruh dunia.
KARIER
Perjalanan karier Deni Diyana relatif mulus.Setelah lulus SMAN l2 Bandung,ia melanjutkan kendidikan ke STPDN tahun 1993 dan lulus tahun 2007,dengan penugasan pertama di Kec.Kemtuk Kab.Jayapura Provinsi Papua (Irian Jaya) selama 3 tahun menjabat Kepala Mawil Pertahanan Hansip.
“Selama bertugas di Jayapura banyak suka dukanya karena berjauhan dengan keluarga.”kenangnya.
Pada tahun 2000,ia masuk IIP Jakarta hingga meraih gelar Doktorandus.Pada tahun yang sama,pria yang ramah ini mempersunting gadis pujaannya R.Noviani Ahmad SE MM putri kesayangan Sekda Kab.Ciamis,dan kini dikaruniai seorang putra tercinta bernama Farkhan Nindyarayhan Dhanendra.
Lulus IIP tahun 200l,Deni Diyana ditugaskan di Kotif Tasikmalaya pada Subbag Pemerintahan,dan turut serta terlibat dalam peresmian pembentukan Kota Tasikmalaya pada l7 Oktober 2001.Karier pertama di Pemkot sebagai Kasi Pemerintahan di Kel.Tuguraja Kec.Cihideung selama 1,5 tahun. Karena dedikasinya yang cukup tinggi
Ia diotarik kembali ke Setda untuk menduduki jabatan Kasubag Bina Koordinasi dan Trantib pada Bagian Pemerintahan.
Pada awal tahun 2004,ketika ia sedang menyelesaikan program pendidikan S-2 di MAPD IPDN Jatinangor dipercaya untuk menangani pendidikan aparatur,sehingga Deni Diyana pun diangkat menjadi Kasubbag Diklat pada Bagian Kepegawaian Setda Kota Tasikmalaya yang dijabatnya selama 4 tahun hingga awal awal Agustus 2008.Selanjutnya tanggal 19 Agustus 2008 dilantik menjadi Camat Cipedes.
Pada akhirnya,Drs.Deni Diyana Msi hanya berharap agar selalu diberikan kesehatan dan kekuatan oleh Allah SWT.”Karena dengan badan yang sehat,saya bisa mengabdirikan diri kepada bangsa dan negara,juga bisa melakukan akvitivas lainnya yang berguna untuk Kota Tasikmalaya.”paparnya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar