:: SELAMAT DATANG di Media Online “BERITA.Com” ::

Senin, 06 Juli 2009

RAMUAN TRADISIONAL

KHASIAT BELIMBING
UNTUK SEMBUHKAN BERBAGAI PENYAKIT

BUAH belimbing yang rasanya ‘sumringah’ sedikit asam merupakan sumber kesehatan yang berkalori rendah dan banyak mengandung vitamin. Selain bisa dikonsumsi langsung, belimbing juga sering dijadikan makanan olahan (manisan dan rujak), bahkan diketahui berkhasiat sebagai ramuan obat tradisional untuk sembuhkan berbagai penyakit antara lain :
 Belimbing bisa untuk melancarkan kencing batu. Caranya adalah 3 – 5 buah belimbing digodok dengan air secukupnya, dan diseduh dengan madu murni. Lalu diminum dua kali sehari, pagi dan sore secara teratur.
 Belimbing sembuhkan hipertensi ( darah tinggi ). Caranya 2 buah belimbing manis yang sudah matang dimakan langsung, terutama setelah makan pagi dan sore.
 Belimbing pun bisa hilangkan rematik. Caranya, ambil 50 gram akar belimbing segar, rimpang kencur 0,5 ons, tepung beras dan sedikit air. Semua bahan ditumbuk halus hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada bagian yang terkena rematik.
 Belimbing untuk melancarkan kencing. Caranya sederhana, ambil 30 gram daun belimbing segar dicuci bersih, untuk kemudian digodok dengan air. Lalu airnya diminum sebagai pengganti the.
 Bahkan belimbing bisa digunakan untuk sembuhkan kanker. Caranya adalah ¼ genggam daun ceremai muda , ½ lembar daun pepaya muda, ½ genggam daun bayam merah dan satu batang wortel. Semua bahan digiling halus, lalu diremas dengan 1 ½ gelas air matang, kemudian diperas dan disaring. Hasil saringan ditambah 3 sendok makan madu untuk diminum 3 kali sehari secara rutin.
 Belimbing pun cukup baik untuk mengobati maag. Resepnya adalah 10 gram bunga belimbuing, 10 gram daun jambu biji, 20 gram kayu manis dan 10 gram jintan hitam. Semua bahan ditumbuk dan diseduh dengan air mendidih secukupnya. Lalu minum 3 sendok makan setiap pagi dan sore.
 Radang lambung bisa sembuh dengan belimbing. Caranya, yakni6 gram daun belimbing manis, 8 gram rimpang kunyit segar diiris dan 7 gram rimpang temu kunci segar diiris. Semua bahan diseduh dengan air mendidih sebanyak 110 ml dan setelah dingin diminum sehari satu kali tiap pagi 110 ml.
 Belimbing untuk obati sakit lever ( hati ) adalah 15 gram akar belimbing kering dipotong dan direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan madu murni secukupnya, lalu dibagi dua kali minum ; pagi dan sore hari (

REDI MULYADI ) *******


Bagi yang mencuplik naskah ini harus mengirimkan uang ke nomer
No.Rek: 909.36440.99 Bank MUAMALAT a/n Redi Mulyadi

@@@@@



MULTI KHASIAT JAMBU BIJI


Belakangan ini, jambu klutuk atau jambu biji ( Psidium Guajava ) menjadi buah sangat populer terutama setelah diketahui berkhasiat untuk mengobati demam berdarah dan biasanya dipilih yang berwarna merah.
Setelah itu, jambu biji bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah dan mencegah munculnya kanker, memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, meningkatkan kesehatan gusi, gigi dan pembuluh kapiler, juga membantu penyerapan zat besi dan pembuluh luka.
Jambu biji pun berkhasiat anti radang, anti diare dan menghentikan pendarahan. Misalnya penderita demam berdarah debngue ( DHF ) karena mengandung oksidan.
Begitupun jambu biji berkhasiatuntuk membantu mengobati disentri, disentri, mencret, keputihan, pencernaan tidak lancar pada anak-anak, radang usus, sariawan usus, panu, muntaber ( kolera ), maag dan sakit kulit batang dan buah mentahnya dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik, penymebuh diare dan sakit perut.
KENCING MANIS : 1 buah jambu biji mengkal dipotong-potong lalu digodok dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas , kemudian disaring dan diminum 2 kalisehari.
DIARE : 30 Gram daun jambu ditambah segenggam tepung beras yang sudah disangrai, ditambah air secukupnya, godok dan minumlah 2 kali sehari. Resep lain yakni 3 sdt buah adas-adas, 5 lembar daun biji dan 10 cm batang kulit pulosari semua bahan digodok secukupnya selama 30 menit. Setelah dingin, lalu disaring dan diminum pagi sore, setiap minum ½ gelas.
DISENTRI : 6 gram daun jambu biji, 1gram kayu secang, 1 gram rasuk angin, 5 gram daun petikan ciba, 7 gram daun pegagan 2 buah jayu ules dan 1 siung bawang merah. Semua bahan ramuan digodok dengan air secukupnya lalu diminum 3 sendok makan tiap pagi dan malam.
SARIAWAN USUS : 2 ruas jari tangan kunyit disangrai, 1 buah kayu ules, 3 lembar trawas, 7 lembar daun jambu biji, 3 buah ketumbar satu ruas jari kayu pulosari dan 2 buah jintan hitam. Semua bahan digodok dengan air secukupnya. Air ramuan disaring untuk diminum sekali sehari. ( REDI MULYADI ) ****************


Bagi yang mencuplik naskah ini harus mengirimkan uang ke nomer:
No.Rek: 909.36440.99 Bank MUAMALAT a/n Redi Mulyadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar