:: SELAMAT DATANG di Media Online “BERITA.Com” ::

Sabtu, 04 Juli 2009

OTOMOTIF

BILA MESIN MOBIL SULIT HIDUP

PADA pagi hari,kadangkala kita mengalami kesulitan saat men-starter mobil,meski sudah mencobanya berulangkali.Bila hal itu terjadi,sebaiknya tunggu selama 15-30 detik,untuk kembali memutar kunci kontak.

Hal yang perlu diperhatikan,jangan memutar konci kontak secara terus menerus ketika mesin mobil sulit untuk dihidupkan.Kenapa demikian? Karena cara tersebut justru dapat mengganggu system starter dan membuat bensin menjadi meluber (banjir) sehingga system pembakaran pun menjadi sulit berfungsi.Apalagi bila kita berkali-kali menginjak pedal gas.

Lantas,apa yang mesti dilakukan bila mesin mobil sulit dihidupkan?

Ø Jika mobil milik anda memiliki tombol choke,maka tariklah tombol choke sepenuhnya,kemudian putar kunci kontak untuk menghidupkan mesin.Nah,bila mesin sudah hidup,tekanlah tombol choke itu ke dalam agar putaran mesinmenjadi normal kembali sekitar 1.000 rpm.

Ø Setekah kondisi mesin mobil kembali normal,tekan sepenuhnya tombol choke untuk memperoleh putaran mesin yang stasioner.

Ø Untuk menghidupkan mesin saat berada dalam kondisi panas, tekan pedal gas pedal gas sekitar setengah injakan.Namun,jangan menginjak pedal gas berkali-kali atau mengaktifkan tombol choke.Setelah mesin hidup,lepaskan pedal gas dan biarkan stasioner.

Ø Bila menghidupkan mesin mobil saat campuran bensin berlebihan,sebaiknya tunggu selama setengah sampai satu menit. Lantas,injak pedal gas hingga penuh dan pertahankan untuk beberapa detik.Pada kondisi begini jangan sekali-sekali menarik choke.Putarlah kunci kontak ke posisi start hingga mesin hidup. Setelah hidup,lepaskan injakan pada pedal gas.Bila mesin masih ngadat,sebaiknya lepaskan semua busi dan keringkan.

Ø Hal penting,usahakan jangan menghidupkan mesin mobil dengan cara mendorong kendaraan.Setelah mengganti oli mesin,jangan langsung menghidupkan mesin dengan putaran tinggi,tetapi biarkan mesin berputar stasioner dulu.(REDIEM)***

R E D I E M

PO.Box: 05/IH

Tasikmalaya 46151

e-mail: redi_mulyadi2000@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar