:: SELAMAT DATANG di Media Online “BERITA.Com” ::

Senin, 06 Juli 2009

PARIWISATA :"Semarak Hajat Laut di Pantai Pamayangsari Cipatujah"







HAJAT Lembur me rupakan tradisi ta hunan yang digelar para nelayan di Pan tai Pamayangsari Cipatujah Kab.Tasik malaya,yang merupa kan ungkapan rasa syukur kepadaTuhan YME.
Perayaan Hajat Lembut kali ini tam pak semarak,karena dihadiri sejumlah pejabat Pemkab Ta sikmalaya,dan juga ribuan pengunjung dari berbagai dae rah.
Bahkan,kemeriahan upacara tradisi kaum nelayanitu semakin terasa dengan ada nya berbagai hibur an seperti pentas dangdut, kesenian daerah yang digelar pemuda nelayan,juga adanya pasar malam.
Puncak acara perayaan Hajat Lembur digelar upa cara adat dengan menampilan kesenian daerah.
Kemudian sesaji yang ada dalam jempana diusung oleh para nelayan yang diarak pendu duk kampung nela yan dan para pengunjung untuk dilabuh di tengah laut lepas di Pantai Pamayangsari.
Pada malam hari nya,acara dilanjut kan dengan pertun jukan kesenian tradi sional di tiap-tiap desa oleh kelompok nelayan yang ber sangkutan.
Dengan semarak nya pergelaran upa cara peringatan tra disi Hajat Lembur tersebut,menurut Kadisparbud Drs. E.Z.Alfian,maka diharapkan akan menarik perhatian wisatawan domestik untuk berkunjung ke objek wisata Pantai Pamayangsari Cipa tujah yang tak kalah indah dibandingkan Pantai Pengandaran.(REDI MULYADI)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar