:: SELAMAT DATANG di Media Online “BERITA.Com” ::

Minggu, 04 Oktober 2009

SusiAir Kini Layani Penerbangan Jakarta-Bandung-Pangandaran




BERITA.Com

Pergi rekreasi ke objek wisata Pantai Pangandaran di Kab.Ciamis bagian selatan, kini tak perlu repot-repot naik kendaraan roda empat yang membutuhkan waktu lama, dan bahkan sering terjebak kemacetan. Karena mulai 28 September 2009 lalu, maskapai penerbangan SusiAir telah resmi melayani penumpang umum dengan penerbangan Jakarta-Pangandaran dan Bandung-Pangandaran Kabupaten Ciamis, pergi pulang. Pembukaan jalur penerbangan ini sekaligus upaya mengatasi kevakuman penerbangan dari dan ke Bandara Nusawiru di Pangandaran.

Demikian diungkapkan Presiden dan CEO PT SusiAir, Susi Pudjiastuti, dalam acara peresmian perdana penerbangan `SusiAir`, di Pangandaran, Sabtu malam 28 September 2009 lalu kepada pers. "Dengan menumpang pesawat, maka akan memudahkan dan mempercepat wisatawan untuk berkunjung dari Jakarta ke Pangandaran yang hanya memakan waktu satu jam," katanya.

Susi Pudjiastuti sebagai warga asli Pangandaran, sekaligus sebagai pemilik pesawat dan pemodal maskapai tersebut, maka berinisiatif membuka jalur penerbangan Jakarta-Bandung-Pangandara, pergi pulang. Dengan dibukanya jalur penerbangan tersebut, dia berharap dapat membantu meningkatkan berbagai potensi daerah di wilayah Pangandaran dan sekitarnya akan lebih baik. .
“Pangandaran memiliki potensi pariwisata yang cukup menarik untuk dinikmati wisatawan lokal maupun asing, sehingga keberadaan pesawat Susi Air diharapkan dapat memberi kemudahan sarana transportasi menggunakan pesawat.Karena sejak lama, banyak yang mengharapkan ada penerbangan khusus ke Pangandaran, maupun sebaliknya dari Pangandaran ke Bandung dan Jakarta," kata Susi Pudjiastuti. .
Susi selanjutnya menjelaskan, bahwa jadwal penerbangan dari Pangandaran pukul 11.50 WIB tiba di Bandung 12.20 WIB. Sedangkan dari Bandung pukul 11.10 WIB dan sampai di Pangandaran 11.40 WIB. Kemudian untuk penerbangan ke Jakarta, dari Pangandaran pukul 06.00 WIB datang di Jakarta 07.00 WIB. Sedangkan dari Jakarta pukul 10.10 WIB datang di Pangandaran pukul 11.40 WIB. ”Jakarta – Pangandaran pukul 10.10 WIB – 11.40 WIB (transit di Bandara Husen Sastranegara, Bandung). Penerbangan ke-2 sore hari pukul 16.20 WIB dari Halim, tiba di Pangandaran pukul 17.20 WIB (tanpa transit di Bandung),” kata Susi.

Selain melayani rute penerbangan tersebut di atas, lanjut Susi Pudjiastuti, pihaknya juga melayani penerbangan Jakarta – Cilacap 2 kali sehari, yaitu pukul 07.20 WIB– 08.30 WIB dan pukul 13.30 WIB – 14.40 WIB. Sedangkan, penerbangan Cilacap – Jakarta pukul 08.40 WIB – 09.50 WIB dan 14.50 WIB – 16.00 WIB.“ Adapun harga tiket disesuaikan dengan transportasi darat dan keuntungan waktu yaitu Pangandaran-Bandung Rp 350 ribu, Jakarta-Pangandaran Rp 600 ribu, Jakarta-Cilacap Rp 675 ribu, dan Bandung-Jakarta Rp 300 ribu,” terang Susi.

Untuk penerbangan di Pulau Jawa itu, pihaknya menyediakan pesawat Grand Caravan 208 B, Piagio Avanti H, Pilatus Porter, Diamond DA42, dan Agusta Helicopter. Adapun daya muat rata-rata pesawat bermesin ringan itu, lanjut Susi, yakni mampu mengangkut 8 sampai 12 orang.Dalam upaya menjamin keselamatan perjalanan di udara, pihak PT.Susi Air menggunakan para pilot yang umumnya tenaga asing itu telah memiliki ‘jam terbang’ pengalaman terbang yang cukup lama.

Selain itu, pesawat yang digunakan relatif baru. Karena dari 22 pesawat terbang yang kami miliki, semuanya relatif baru. Bahkan, ada yang dibeli pertengahan tahun 2009 ini. “ Kami juga akan segera membeli pesawat baru sehingga jumlah seluruhnya 30 buah pada akhir tahun 2009 ini.,”ungkapnya.

Pemesanan tiket SusiAir, menurutnya, untuk sementara hanya dapat dilakukan di bandara. Namun rencananya pemesanan bisa dilakukan melalui online.”Untuk ke depan kami akan melayani yang terbaik termasuk kemudahan pemesanan tiket dengan cara online," kata Susi.

Pada kesempatan itu, tokoh mayarakat Pangandaran yang juga mantan Ketua DPRD Ciamis Jeje Wiradinata menyambut baik dengan diaktifkannya kembali Bandara Nusawiru oleh PT.Susi Air untuk melakukan penerbangan ke beberapa kota di Pulau Jawa. “ Pemanfaatan Bandara Nusawiru yang sempat vakum, akan memberikan masukan pajak kepada pemerintah daerah, dan semakin menggairahkan kepariwisataan Ciamis Selatan.”jelasnya.

Lantas, apa kelebihan pesawat-pesawat milik PT.Susi Air itu? Beberapa waktu lalu, penulis sempat menumpang pesawat Grand Caravan 208 B ketika ujicoba penerbangan komersial Lanud Wiriadinata Cibeureum Kota Tasikmalaya bersama rombongan Walikota H.Syarief Hidayat dan wartawan meski hanya sekitar 15 menit mengelilingi angkasa Tasikmalaya-Ciamis, memang cukup diandalkan sebagai pesawat komersial berkafasitas 12 penumpang itu.

Dengan pesawat SusiAir milik Susi Pudjiastuti ini, meski hanya 15 menit ‘terbang’ mengangkasa di langit Priangan Timur, memang mempercepat perjalanan dan mendukung kemudahan masyarakat dalam fasilitas transportasi udara. Kenyamanan pun bisa dinikmati terbang bersama maskapai penerbangan SusiAir.(REDI MULYADI)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar