:: SELAMAT DATANG di Media Online “BERITA.Com” ::

Kamis, 31 Desember 2009

Penggunaan Situs Cipedes Online Diresmikan Walikota Tasik




BERITA.Com:
Kini banyak daerah yang telah menerapkan e-Government sebagai bentuk penggunaan teknologi informasi dalam pemerintahan. Penerapannya secara praktis didefinisikan sebagai upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien.
“ E-Government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web.”ujar H.Syarief Hidayat, Walikota Tasikmalaya saat meresmikan penggunaan situs Cipedes Online atau www.kecamatancipedes.info di aula Kec.Cipedes, Jl.Cigeureung, yang dihadiri dihadiri seluruh staf kelurahan, muspika, pengusaha dan tokoh masyarakat.
Pada intinya, lanjut Walikota Tasik, bahwa e-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).
Menurutnya, kelancaran arus informasi untuk menunjang hubungan dengan lembaga-lembaga pemerintah, serta untuk menstimulasi partisipasi masyarakat merupakan faktor penting dalam pengembangan e-Government. Oleh karena itu, pelayanan publik harus transparan, terpercaya, serta terjangkau oleh masyarakat luas melalui jaringan komunikasi dan informasi.
“Sebagai Walikota Tasikmalaya, saya sangat mendukung terhadap pengembangan e-Government di Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya melalui situs/portal web www.kecamatancipedes.info yang saat ini sudah on line. Harapan saya, hal ini dapat diikuti oleh Kecamatan atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya dalam rangka mendukung situs resmi pemerintah Kota Tasikmalaya www.tasikmalayakota.go.id “ujarnya.
Sementara itu, Drs.Deni Diyana MSi yang sejak dilantik menjadi Camat Cipedes beberapa bulan lalu, dia memang punya banyak program kerja yang ‘prestisius’ cemerlang, misalnya ingin seluruh staf kecamatan yang dipimpinnya melek Teknologi Informasi (TI). Hal ini tentunya seiring dengan perkembangan zaman dan globalisasi dalam berbagai bidang. “Jangan sampai staf kecamatan ketinggalan perkembangan Teknologi Informasi yang kini semakin modern dan canggih,” katanya.
Dalam upaya mewujudkan gagasan prestisius itu, dia meluncurkan “Cipedes Online”, yakni membangun portal khusus yang terkoneksi dengan websites Kota Tasikmalaya yang sudah ada: www.tasikmalayakota.go.id. “Dengan adanya media atau portal khusus ini, maka diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara online,” tutur Deni Diyana.
Karena itu, Deni Diyana berharap bahwa Kec.Cipedes dijadikan proyek percontohan dalam pemberian pelayanan secara online kepada masyarakat. Sebab, ada banyak manfaat dari program Cipedes Online ini,di antaranya dapat menyajikan seluruh potensi yang ada di Kecamatan Cipedes khususnya, dan bahkan dapat diakses di seluruh dunia.
Dengan diresmikannya penggunaan situs www.kecamatancipedes.info ini, menurut dia dalam proses pembuatan KTP dan KK di Kec.Cipedes yang semula membutuhkan waktu selama 1 jam selesai, tapi sekarang bisa hanya 2 menit. Bagaimana caranya? “Warga daftar dulu lewat media internet, mengisi formulir secara lengkap, staf kami akan memprosesnya langsung. Jadi, begitu pemohon ke kantor, hanya mengambil KTP atau KK yang sudah jadi. Hanya butuh waktu 2 menit saja.” paparnya.
Setelah peresmian situs tersebut, Walikota Syarief Hidayat memberikan Al Quran Digital dan uang santunan kepada 5 orang santri yang menimba ilmu di Pondok Pesantren An-Nur Jarnauziyyah Kelurahan Sukamanah pimpinan KH.Saefuddin Ahmad (REDI MULYADI)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar