:: SELAMAT DATANG di Media Online “BERITA.Com” ::

Kamis, 31 Desember 2009

Puluhan Ribuan Wisatawan Memadai Kawasan Pantai Pangandaran


PANGANDARAN: Puluhan ribu pengunjung masih memadati kawasan objek wisata alam Pantai Pangandaran di Kabupaten Ciamis pada Tahun Baru 2010. Kunjungan wisatawan terus mengalir dari berbagai daerah, karena mereka ingin menyambut Tahun Baru yang berada di Pantai Pangandaran.

Ratusan kendaraan roda dua dan roda empat, baik kendaraan pribadi maupun bus carteran membuat sibuk petugas parker, termasuk di komplek parker Pasar Wisata yang dikhususkan untuk angkutan umum bus.”Kami sudah memperkirakan, bahwa kunjungan wisatawan pada pergantian tahun akan meningkat.”kata Tatang, petugas parker di PW.

Kepala Bala Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Pantai Pangandaran Dodo Taryana sudah bisa memprediksi jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran akan membludak pada malam Tahun Baru, karena bersamaan dengan libur panjang sekolah dan libur bersama di kalangan PNS.

Dodo menjelaskan, ribuan pengunjung Pantai Pangandaran banyak melakukan aktivitas berenang, terutama di Pantai Barat Pangandaran. “Cuaca alam di sekitar pantai sangat mendukung, makanya para wisatawan betah. Saat ini sedang terjadi angin barat, tetapi tiupan angin masih terasa sepoi-sepoi di sepanjang bibir Pantai Pangandaran,” katanya.

Situasi angin seperti itu,menurut Dodo, mengakibatkan rata-rata ketinggian ombak Pantai Pangandaran hanya mencapai 50 cm,ketinggian gelombang dinyatakan aman untuk melakukan aktivitas berenang.Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya menambah personel bantuan penjaga pantai dari SMK Kelautan Pangandaran. “Saat ini, jumlah personel yang disiagakan berjumlah 30 orang,dibagi menjadi enam pos pemantauan termasuk Pantai Batu Karas.Adapaun penambahan personel bantuan berjumlah 15 orang,”tandasnya.

Berdasarkan data terakhir yang dihimpun Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pariwisata wilayah Pangandaran, jumlah pengunjung yang masuk ke Pangandaran sejak libur Natal sudah melebihi 50.000 pengunjung. “Kami menargetkan, selama libur natal dan tahun baru jumlah pengunjung yang masuk mencapai 175.000 wisatawan bisa tercapai, dengan jaminan tidak ada isu menyesatkan,seperti ancaman bencana dan gangguan cuaca, ” kata Cu Herman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Ciamis didampingi Kepala UPTD Pariwisata Pangandaran Endang

Cu menambahkan, sekadar perbandingan total pengunjung natal dan tahun baru pada 2008 lalu mencapai 125.000 wisatawan. Dengan dukungan fasilitas dan promosi yang sudah dilakukan, pihaknya optimis target 175.000 wisatawan bisa tercapai.“Khusus pengunjung selama tahun baru, diperkirakan mencapai kisaran 70.000 sampai 100.000 wisatawan,” tuturnya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar