:: SELAMAT DATANG di Media Online “BERITA.Com” ::

Minggu, 30 Agustus 2009

POS INDONESIA


Dede Tatang Sukirman:

POS INDONESIA CAPEM INDIHIANG TINGKATKAN PELAYANAN

BERITA.Com

“Seiring merebaknya persaingan usaha layanan jasa dan semakin murahnya teknologi komunikasi, masyarakat menuntut peningkatan kualitas produk jasa dan pelayanan dari PT Pos Indonesia. Kondisi ini kami sadari sepenuhnya,”ungkap Dede Tatang Sukirman, Kepala Kantor pos Indonesia cabang Pembantu (Capem) Indihiang Kota Tasikmalaya kepada Berita.Com kemarin.

Dalam menghadapi persaingan usaha layanan jasa, menurut Dede Tatang Sukirman, selama ini pihak Pos Indonesia sudah banyak melakukan perubahan antara lain dalam diversifikasi produk jasa dan layanan teknologi komunikasi. Usaha optimalisasi pemanfaatan sumber daya perusahaan ini dilakukan guna memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat konsumen.

Adapun usaha yang dilakukan oleh Pos Indonesia dalam mengantisipasi tuntutan kebutuhan masyarakat tersebut, antara lain ditempuh melalui penerapan teknologi maju dengan system online payment point (SOPP Pos) dalam pengembangan pelayanan baik dalam modus diversifikasi serta operasi maupun inovasi. Bahkan bekerjasama dengan instansi lain seperti pembayaran telepon dan listrik maupun pihak swasta.

“Karena itu, sesuai dengan petunjuk dan arahan dari pimpinan pusat, kami selalu berusaha untuk lebih meningkatkan pelayanan yang optimal kepada masyarakat,”tutur Dede T.Sukirman.

Dia mengaku, selain harus bersaing dengan swasta yang kini semakin berat, maka PT.Pos Indonesia masih ditambah beban misi pelayanan sosial, misi bisnis dan kemajuan teknologi komunikasi yang harganya makin murah.

Dengan demikian, PT Pos Indonesia pun melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun BUMNdan swasta, juga dengan lembaga keuangan/perbankan.

Kantor Pos Indonesia Capem Indihiang sendiri, selama ini telah memberikan layanan produk jasa yang lengkap kepada masyarakat antara lain pembayaran tagihan rekening listrik yang setiap bulannya rata-rata 1.200 konsumen, pembayaran rekening telepon rumah sebanyak 1.100 konsumen, pembayaran uang pensiunan kepada 500 orang,memberikan pinjaman dana bagi pensiunan dari Bank Pos Indonesia, menerima pembayaran cicilan kendaraansepeda motor dari FIF sebanyak 450 orang, Adira sebanyak 800 orang, OTO dan BAF, kredit perubahan KPR,premi asuransi, setoran tabungan dari beberapa bank lainnya.

Selain itu, PT Pos Indonesia selain memiliki produk jasa pengiriman uang lewat WESTRON UNION (wesel elektronik) terutama dari luar negeri , kini juga menyediakan layanan Weselpos Instans lewat SMS. Caranya sangat mudah, kata Dede T.Sukirman, yakni si pengirim weselpos cukup kirim SMS kepada si penerima dengan menyebutkan nomer resi pengiriman berupa NTP dan PIN. Setelah dicek di dalam database (internet), ternyata kiriman uang tersebut ada, maka si penerima di tempat tujuan akan dapat segera mencairkan uang kiriman tersebut dalam waktu beberapa menit saja.” Dengan weselpos lebih praktis dan cepat sampai ke si penerima!”tuturnya.

Dengan produk jasa weselpos SMS ini, menurutnya, maka diharapkan akan mempermudah dan mempercepat dalam proses pengiriman-penerimaan uang melalui PT Pos Indonesia.

“Alhamdulillah, sejauh ini kami selalu mengutamakan masalah kepuasan maupun meningkatkan kualitas produk jasa dan pelayanan terbaik yang menjadi tujuan utama masyarakat konsumen. Karena kami menyadari, kini masyarakat semakin kritis pada setiap hal yang dihadapi dalam setiap kehidupan.”jelas Dede Tatang Sukirman.(REDI MULYADI)


No.Rek: 909.36440.99 Bank MUAMALAT a/n Redi Mulyadi


Sabtu, 29 Agustus 2009

RENTAL "AC"


Barlin Barliana Easy,ST
Usaha Rental AC di Kota Tasik Cukup Prospektif

BERITA.Com
Usaha jasa rental air conditioner (AC) di Kota Tasikmalaya memang masih terbilang langka dan tampaknya kurang diminati. Namun sebaliknya, kondisi tersebut bagi Barlin Barliana Easy ST, merupakan sebuah peluang emas untuk membuka usaha jasa rental dan service AC yang dirintisnya sejak tahun 2002 lalu.
“Sebenarnya, usaha jasa rental dan service AC di Kota Tasikmalaya cukup prospektif. Sebab, kini banyak hotel dan kantor-kantor baik instansi pemerintah maupun swasta yang menggunakan AC untuk kenyamanan ruangannya.”ujar Barlian B.Easy, pemilik CV Mulpindo Teknik di Jl.Moch.Hatta Kota Tasikmalaya ketika ditemui BERITA.Com
Selama ini, dia melayani usaha jasa rental, pemeliharaan dan service AC dengan mengandalkan kolega terutama di instansi pemerintah untuk menjadi pelanggannya. Bahkan, dia melakukan promosinya dari mulut ke mulut.
Barlin pun ternyata memiliki kiat untuk bisa meraih sukses dalam merangkul pelanggan seperti seperti sekarang, yakni dia selalu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggannya. Karena itu tidaklah mengherankan, jika usaha jasa rental AC yang dikelolanya mulau banyak dikenal konsumen dari Tasikmalaya, Ciamis, Singaparna, Banjar, Pangandaran, Garut hingga Cilacap Jawa Tengah.
Barlin mengaku, ketika memasuki bulan Rajab dan Rewah, usaha jasa rental AC ruangan ternyata “marema” kebanjiran order. Juga pada bulan Syawal dan Zulhijah atau Rayagung. “Karena pada bulan-bulan tersebut, banyak yang mengadakan acara resepsi pernikahan dan khitanan, sehingga membutuhkan AC untuk memberikan kenyamanan kepada para tamu yang hadir.”tutur suami tercinta Ny.Emma ini.
Dia pun merentalkan AC ruangan tersebut untuk acara ulang tahun, seminar, rapat dan lainnya. Demikian pula, CV Mulpinto Teknik melayani jasa pemeliharaan AC kantor/hotel/bank, perbaikan AC, alat elektronok, telekomunikasi, PABX, isi Freon dan sebagainya.
Bahkan, kini ia pun mulai merambah pada perbaikan dan pemeliharaan kendaraan kendaraan roda empat milik instansi pemerintah maupun swasta melalui bendera CV.EMBA yang belum lama ini dirintisnya. “Walaupun belum lama ini dirintis, untuk usaha jasa perbaikan dan perbaikan kendaraan roda empat, ternyata responnya cukup bagus.”ungkap Barlin B.Easy ST mengakhiri obrolan.(REDI MULYADI)***

Jumat, 28 Agustus 2009

SMPN 9 Kota Tasik Peduli Lingkungan Hidup




BERITA.Com--Kota Tasik; SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya yang berlokasi di Jl.Babakan Siliwangi ini, merupakan sebuah lembaga pendidikan lanjutan menengah di Kota Tasikmalaya dan bahkan di Jawa Barat, yang dinilai sangat peduli terhadap lingkungan hidup. Sebab, sekolah ini punya program penanggulangan sampah berbasis sekolah yang telah diterapkan kepada siswa-siswinya sejak awal Juli 2008 lalu. “Kami sangat peduli terhadap lingkungan hidup khususnya mengenai sampah. Kalau selama ini, masyarakat memandang sampah selalu menimbulkan masalah, tapi bagi kami justru banyak manfaatnya,”ujar Drs.Asep Furqonuddin,MM Kepala Sekolah SMPN 9 Kota Tasikmalaya didampingi Ucu Anwar Surahman staf guru yang menjadi pelopor peduli lingkungan. Asep Furqonuddin mengatakan, bahwa fenomena masalah sampah nampaknya tidak akan selesai manakala permasalahannya hanya dijadikan komoditas politik, wacana, materi seminar atau obrolan di warung kopi saja. Sementara solusi yang seyogyanya menjadi jawaban atas segala permasalahan yang ada tidak pernah kunjung datang menjadi formula. “Inilah yang menjadi ide awal bagi SMPN 9 Kota Tasik untuk peduli terhadap ligkungan hidup. Setidaknya, sebagai lembaga pendidikan harus menjadi pionir sekaligus sebagai agen perubahan,”ujarnya. Ucu Anwar Surahman yang juga aktivis LSM KOPLING (Koordinator Peduli Lingkungan Hidup) Kota Tasikmalaya ini menambahkan, melalui aktivitas pembelajaran di tengah masyarakat, adalah metoda yang dianggap efektif dalam upaya menanggulangi masalah sampah yang selama ini dianggap selalu menimbulkan masalah terutama di kota-kota besar.. “Karena itulah, SMPN 9 Kota Tasikmalaya berusaha melakukan terobosan dengan aktifitas konkret dan aplikatif, bagaimana sikap dan mental kepedulian terhadap lingkungan hidup terutama penanggulangan sampah menjadi sebuah pembiasaan dalam keseharian di kalangan masyarakat.,”ungkap Ucu Anwar Surahman. Dengan dukungan manajerial Kepala SMP N 9 Kota Tasikmalaya, lanjut Ucu Anwar, sarana dan prasarana penanggulangan sampah dapat terwujud sehingga proses pembentukan perilaku dan mentalitas dalam pengelolaan, pengolahan danpemanfaatan sampah telah merubah paradigma masayarakat terhadap sampah. Kini bagi siswa-siswi SMPN 9 Kota Tasikmalaya, bahwa sampah bukan lagi menjadi Cost Oriented (orientasi biaya) , tetapi telah menjadi Profit Oriented (orientasi keuntungan). “Adapun setting main goal (tujuan utama) dari pembelajaran lingkungan hidup dalam penanggulangan sampah di dalam organisasi kami adalah bagaimana pembiasaan siswa dapat dibawa ke tengah masyarakat, atau paling tidak siswa dapat mengaplikasikannya di rumah masing-masing, sehingga ketauladan yang dilakukan siswa dapat memotivasi warga sekitar untuk melakukan hal yang sama. Dengan demikian, para pelajar SMP N 9 Kota Tasikmalaya sebagai pribadi di tengah masyarakat telah menujukkan dirinya selaku Agent Of Change atau agen perubahan,”papar Ucu Anwar. Selanjutnya Drs,asep Furqonuddin MM menjelaskan, bahwa pola kegiatan peduli lingkungan hidup dalam hal penanggulangan sampah yang diterapkan di SMPN 9 Kota Tasikmalaya, antara lain: setiap kelas diberi 2 (dua) tempat sampah terpisah melalui pembagian sarana dari sekolah; setiap hari petugas piket siswa melakukan pemilahan sampah (sampah organik dan an-organik); setiap hari melalui petugas piket kebersihan bergilir di masing-masing sampah dibawa ke penampungan sampah ‘parsial’; dan melalui petugas pemandu, siswa piket harian menyimpan sampah yang telah dipilah pada tempat yang telah disediakan (terminal sampah organik, sampah yang dapat di re-cycling, sampah re-use dan sampah reduce) berukuran 3 meter x 1 meter x 1 meter. “Sesuai jadwal mata pelajaran lingkungan hidup di kelas masing-masing , maka dilakukan pelatihan penanggulangan sampah yang telah terpilah dan terkonsentrasi itu, misalnya proses pembuatan kompos untuk sampah organik, pemilahan sampah dapat di daur ulang untuk sampah anorganik, “jelasnya. Bahkan setiap hari Sabtu dalam seminggu, menurut Kepala SMPN 9 Kota Tasikmalaya, setiap siswa justru diwajibkan membawa sampah an-organik ke sekolah, terutama sampah bekas air mineral dengan ketentuan sebagai berikut: ukuran cup sebanyak 5 buah, ukuran botol sedang sebanyak 3 buah dan ukuran botol besar sebanyak 2 buah. Lantas, untuk apa sampah-sampah an-organik berupa bekas air mineral itu? Bukan untuk dibuang ke tong sampah, melainkan dikumpulkan ke petugas Caraka yang telah ditunjuk, atau dijemput ke kelas masing-masing kelas. Pada hari Sabtu itu juga petugas harus dapat menjualnya sehingga pada hari Senin (ketika upacara bendera), hasil penjualan besarannya ‘sampah anorganik’ bekas air mineral dari 1.002 siswa SMPN 9 Kota Tasikmalaya dapat diumumkan sebagai bentuk akuntabilitas dalam gerakan Teman Asuh dan kesetiakawanan sosial. “Nah, uang dari penjualan sampah anorganik itu dipakai untuk membiayai kebutuhan siswa dari keluarga tidak mampu, yang jumlahnya cukup banyak. Jadi, kami tidak bergantung pada bantuan pemerintah saja, tetapi berinisiatif,”ungkap Drs.Furqonuddin MM. (*)

Jumat, 21 Agustus 2009

KTA "BERITA.Com"

TANAMAN OBAT

TEMPUYUNG PUN BISA DIBUDIDAYAKAN UNTUK KOMERSIAL

TUMPUYUNG (Sonchus arvensis) merupakan salah satu jenis tanaman obat yang belum memperoleh perhatian luas dalam pembudidayaannya.Pada hal,nama lain Lempung atau Galibug ini punya prospek cerah bila dibudida yakan untuk komersial.Betapa tidak,karena telah banyak penelitian mengena i tanaman ini baik dari segi budidaya maupun farmakologisnya,bahkan nilai ekonomisnya.
Beberapa perusahaan obat telah menggunakan Tempuyung sebagai bahan ramuan produksi obatnya penghancur batu ginjal atau batu saluran kemih sebagai diuretic dan lipotriptik.
Sejak lama,masyarakat Indonesia memanfaatkan tanaman tempuyung sebagai ramuan tradisional yang berkhasiat untuk mengobati bengkak dengan cara ditempelkan pada bagian yang bengkak. Bahkan di daerah Tawangmangu, daun tempuyung sudah lama dikenal dan dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai jamu bagi wanita sehabis melahirkan untuk memulihkan kembali kesahatan fisiknya. Sedangkan di negeri Cina, daun tempuyung selain digunakan sebagai obat juga digunakan sebagi insektisida ( Supriadi, dkk, 2001 ).Herba tempuyung berguna untuk mengobati radang payudara, sedangkan daun tempuyung digunakan untuk mengobati hipertensi, kencing batu, kandung kencing dan empedu berbatu,dan asam urat.
Kandungan kimia dalam tanaman tempuyung adalah lactucerol, inositol, manitol, flavonoid, taraksasterol, silica, dan kalium.Daun tempuyung mengandung kalium yang tinggi, zat silica yang bermanfaat menghancurkan batu dalam kandung kemih, dan flavonoid yang berkhasiat sebagai antiradang.
PERMINTAAN MENINGKAT
Namun sayangnya,sebagian besar bahan baku tempuyung masih diambil apa adanya di alam,atau hanya kegiatan sampingan para petani.Dengan demikian tiap siap untuk memenuhi kebutuhan bahan baku dalam jumlah besar yang diminta negara tertentu.Bahkan,kehadiran tanaman tempuyung di lahan pertanian seringkali dianggap sebagai tanaman pengganggu (gulma) dan dijadikan pakan ternak.
Padahal,kebutuhan tempuyung sebagai bahan baku obat dalam jumlah besar yang diminta negara tertentu, sebenarnya telah diingatkan oleh Dr. Mien Rifai karena belum adanya usaha pembudidayaan tanaman obat yang masih tumbuh liar,maka permintaan sebanyak 200 ton daun tempuyung dari negeri Belanda tidak dapat dipenuhi oleh eksportir Indonesia.
Kian lama tanaman obat seperti tempuyung kian dibutuhkan ketersediaan nya dengan semakin meningkatnya kebutuhan ekspor tanaman obat-obatan Indonesia ke berbagai Negara sebagai salah satu alternative ekspor non-migas.Peningkatan rata-rata nilaiekspor tanaman obat,menurut Amzu dkk (1990) dalam bukunya berjudul “Pelestarian Pemanfaatan Keanekaragam an tumbuhan Obat Hutan Tropika Indonesia” adalah sebesar 29,47% per tahun.Penggunaan daun tempuyung sendiri pada tahun 1990 saja,misalnya, tercatat sebanyak 9.761.000 kg.
Dengan demikian,prospek permintaan terhadap tanaman tempuyung akan terus meningkat baik di dalam maupun luar negeri,juga dalam bentuk bahan baku atau bahan jadi seperti kemasan teh Sonchus yang dikenal sebagai teh batu ginjal.Karena itu,tidak ada ruginya untuk mencoba berusahatani tempuyung sebagai tambahan produksi tani sekaligus membantu program penggalakan konservasi tanaman obat Indonesia.
TEKNIK BUDIDAYA
Tanaman tempuyung merupakan terna tahunan dengan tinggi berkisar 1-2 m. akar tunggangnya tumbuh kokoh, batangnya berusuk dan bergetah putih. Daun bagian bawah terpusar membentuk roset, bentuk lonjong atau lanset. Panjang daun sekitar 30 cm dan lebar 10 cm. Sedangkan bunganya berwarna kuning serta perbungaan berbentuk bonggol yang tergabung dalam malai dan dapat diperbanyak dengan biji yang sudah tua dikeringkan.( Supriadi,dkk 2001).
Sonchus arvensis bisa tumbuh dalam berbagai kondisi habitat dan tanah pada ketinggian 50-1.650 meter dpl.Kondisi tanah yang gembur dan subur menyebabkan tanaman ini berkembang lebih baik dan dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah daunnya.
Tanaman tempuyung dapat diperbanyak dengan biji atau anakan.Kepada induk tanaman ini dapat dilakukan pemangkasan untuk menghasilkan daun yang lebih banyak.Sedangkan perbanyakan dengan biji ,maka yang prtlu diperhatikan adalah kecambah biji tersebut tidak tahan disimpan lama. Dalam kondisi normal,biji bisa tahan hingga satu bulan penyimpanan. Secara alamiah yang banyak dihasilkan ini disebarkan ilmiah inimenyebab kan tempuyung banyak tumbuh liar sebagai gulma.
Ada beberapa saran dalam usaha budidaya tanaman tempuyung secara intensif untuk kebutuhan komersial sebagaimana diambil dari ringkasan thesis Soerohaldoko (1983) antara lain:
Pertama,dianjurkan penanaman pada jenis-jenis tanah yang beraneka ragam di antaranya dapat alunial,andosol,gleihumus,latosol,litosol, regosol dan berbagai asosiasi yanah tersebut dengan pH tanah antara 5-7,7.
Kedua,karena tanaman tempuyung tidak tahan terhadap genangan air maupun kekeringan yang lama,maka penanaman di mudimkering di daerah yang kurang hujan perlu dibandtu dengan penyiraman atau pengairan yang teratur.
Ketiga,tidak dianjurkan ditanaman sebagai tanaman sela di perkebun an dengan naungan yang sangat berat,karena intensitas cahaya yang rendah di tempat dengan berat menyebabkan tanaman tempuyung tidak dapat tumbuh secara sempurna.
Keempat,pililah biji tempuyung yang berwarna cokelat dan gemuk berisi untuk bibit yang dinilai berkualitas baik.
Kelima,untuk memperpanjang daya kecambah biji,maka dapat disimpan dalam eskilator silica gel dengan lembab nisbi relatiof rendah yakni sekitar 30 persen.
Keenam,penyebaran biji tanaman tempuyung ketika persemaian dianjurkan pada permukaan tanah agar diperoleh perkecambahan yang memuaskan.
Ketujuh,pembasahan biji tempuyung lebih dahulu sebelum ditabur baik dilakukan.
Kedelapan,sebagai penutup persemaian jangan menggunakan daun hijau,karena akan menghambat proses perkecambahan biji.
Setelah persemaian satu bulan biasanya seedling sudah dapat dipindahkan ke lahan pertanaman dengan jarak tanam 25-50 cm x 25-50 cm.Kombinasi pupuk urea dan ZK dapat meningkatkan produksinya.Tanaman tempuyung sudah bisa dipanen apabila kondisi umurnya sudah cukup,terutama daunnya yang banyak,karena daun tempuyung banyak dibutuhkan dalam pengobatan. (REDI MULYADI)***

Selasa, 18 Agustus 2009

KUMPULAN DO'A

KUMPULAN DO’A


DO'A DALAM KEADAAN TERTENTU

1.Do'a Menolak Bencana

Laa ilaaha illalaahul kariimul 'azhiimu. Subhaanahu tabaarakalaahu rabbul 'arsyil 'azhiimi. Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiina. Allaahumma rabbanaa aatinaa fid dun-yaa hasanatan wa fil aakhirati hasanatan wa qinaa 'adzaaban naari.

Artinya : Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Mulia dan Maha Agung. Maha Suci Dia, Maha Berkat Allah Tuhannya 'arasy yang agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam. (HR. Nasa'i)

Ya Allah, ya Tuhan kami, berilah kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka. (HR. Bukhari dan Muslim)

2.Do'a Kesembuhan/Kesehatan Diri

Allahumma 'aafinii fii badanii. Allaahuma 'aafinii fi sam'ii. Allaahumma 'aafinii fii basharii. Allaahumma innii a'uudzu bika minal kufri wal faqri. Allahumma innii a'uudzu bika min 'adzaabil qabri laa illaaha illaa anta.

Artinya : Ya Allah, sembuhkanlah badanku. Ya Allah, sembuhkanlah pendengaranku. Ya Allah sembuhkanlah penglihatanku. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dan kefakiran. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tiada Tuhan selain-Mu. (HR. Abu Daud)

3.Do'a Dilindungi Dari Rupa-rupa Penyakit

Allahumma innii a'uudzubka minal barashi wal junuuni wal judzaani wa sayyi'il aswqaami

Artinya : Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari penyakit celup, penyakit gila, penyakit kusta dan penyakit-penyakit buruk lainnya.

4.Do'a Menjenguk Orang Sakit/Kecelakaan

Allahumma rabban naasi adzhibil ba'sa asyfi antasy syaafii laa syifaa'a illaa syifaa'uka syifaa'an laa yughaadiru saqaman. Imsahil ba'sa rabban naasi biyadikasy syifaa'u, laa aasyifa lahu illaa anta, as'alullaahal 'azhiima, rabbal ' arsyil 'azhiimi an-yasfiyaka.

Artinya : Ya Allah Tuhan segala manusia, jauhkanlah kesukaran/penyakit itu dan sembuhkanlah ia, Engkaulah yang menyembuhkan,tak ada obat selain obat-Mu, obat yang tidak meninggalkan sakit lagi. Hilangkan lah penyakit itu, wahai Tuhan pengurus manusia. Hanya padamulah obat itu. Tak ada yang dapat menghilangkan penyakit selain Engkau, aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhannya 'arasy yang agung, semoga Dia menyembuhkan anda. (HR. Bukhari dan Muslim)

5.Do'a Mengobati Orang Sakit

Bismillahirrahmaanirrahiimi. A'uudzu bi'izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhadziru

Artinya : Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya dari kejahatan apa yang kuperoleh dan yang kutakuti. (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmi-dzi dan Nasai).

6.Do'a Menghadapi Musibah

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uuna. Allaahumma ajirnii fii mushiibatii wakhluf lii khairan minhaa.

Artinya : Sesungguhnya kami memiliki Allah dan sesungguhnya kami kembali kepada-Nya. Ya Allah berilah kami pahala dalam misibahku in dan berilah pengganti yang lebih baik. (HR. Muslim)

7.Do'a Membimbing Orang Sekarat

Astaghfirullaahal 'azhiimaa ...... Laa Ilaaha Illallaahu muhammadun rasuulullaahi ....

Artinya : Aku mohon ampun pada Allah Yang Maha Agung Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. (dibaca terus-menerus istighfar dan syahadat tersebut pada telinga orang yang hampir wafat itu). (Tertunjuk dalam HR. Muslim, Abu Daud dan Hakim).

8.Do'a Di Sisi Orang Yang Telah Wafat

Allaahummaghfirlii wa lahu wa'aqibnii minhu 'uqbaa hasanatan.

Artinya : Ya Allah, ampunilah aku dan orang ini dan berilah aku ganti yang baik daripadanya. (HR. Muslim)

9.Do'a Masuk Pekuburan Muslim

Assalamu 'alaykum ahlad diyaari minal my'miniina wa innaa insyaa'allaahu bikum laahiquuna. As'alullaaha lanaa wa lakumul 'aafiyata.

Artinya : Salam sejahtera bagimu wahai penghuni kampung orang-orang mu'min. Kami in insya Allah akan bertemu dengan anda sekalian. Kumohonkan pada Allah kesejahteraan bagi kami dan bagi anda sekalian. (HR. Muslim)

10. Do'a Terhindar dari Kesulitan dan Penderitaan

Biismillaahi 'alaa nafsii wa maalii wa diinii, allaahumma radhinii biqadhaa'ika wa baarik lii fiimaa quddiralii hatta laauhibbaa\ ta'jiila maa akhkharta wa ta'khiira maa 'ajjalta

Artinya : Dengan nama Allah atas diriku, hartaku dan agamaku. Ya Allah, berilah aku rasa ridha terhadap putusku. Ya Allah, berilah aku rasa ridha terhadap putusan-Mu dan berkatilah segala apa yang Engkau berikan ubun-ubunku dalam tangan-Mu, berlakulah atasku hukum keputusan-Mu dan adillah atasku segala taqdirmu. Aku mohon pada-Mu dengan segala nama yang jadi milik-Mu yang Engkau namakan dengannya diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhluq-Mu, atau yang Kau simpan dalam perbendaharaan ghaib di sisi-Mu kiranya Engkau jadikan kitab al-Quran jadi kesuburan hatiku dan cahaya dadaku serta menjadi tempat melepaskan segala kesusahanku dan menghilangkan dukacitaku. (HR. Ahmad dan Ibnu Gibban)

11. Do'a Menghadapi Kesedihan, Kelemahan, Kemalasan, Takut, Kikir, Banyak Hutang Dan Penindasan

Allaahumma innii a'uudzu bika minal hammi wal hazani wa a'uudzu bika minal 'ajzi wal kasali wa a'uudzu bika minal jubni wal bukhli wa a'uudzu bika min ghalabatid dayni wa qahrir rijaali.

Artinya : Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kemurungan dan kesusahan, aku berlindung pada-Mu dari kemalasan dan aku berlindung pada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung pada-Mu dari tekanan utang dan paksaan orang lain.

12. Do'a Ketenangan Jiwa


Rabhanaa afrigh 'alaynaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wahshurnaa 'alal qawmil kaafirina. Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaytana wa hablanaa min ladunka rahmatan innaka antal wahhaabu. Allaahumma tsabbitnii an azilla wahdinii an adhilla. Allahumma kamaa hulta baynii wa bayna qalbii, fahul baynii wa baynasy syaythaani wa 'amalihi. Allaahumma innii as-aluka nafsan muthma 'innatan tu'minu biliqaa'ika wa tardhaa biqadhaa'ika wa taqna'u bi'athaa'ika

Artinya : Ya Tuhan kami, curahkanlah kesabaran atas kami dan teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap golongan yang kafir.
Ya Tuhan kami, janganlah kau palingkan hati kami setelah Engkau tunjuki dan berilah kami dari hadhirat-Mu rahmat karena Engkau adalah Yang Maha Pemberi.
Ya Allah kokohkanlah aku dari kemungkinan terpelesetnya iman, dan berilah aku petunjuk dari kemungkinan sesat.
Ya Allah sebagaimana Engkau telah memberi penghalang antara aku dan hatiku, maka berilah penghalang antaraku dan antara syaitan serta perbuatannya.
Ya Allah aku mohonkan pada-Mu jiwa yang tenang tenteram, yang percaya pada pertemuan dengan-Mu dan ridha atas keputusan-Mu serta merasa cukup puas dengan pemberian-Mu.

13. Do'a Mohon Ketenangan Dalam Menghadapi Musibah

Allahummarzuqnii nafsan muthma'innatan tu'minu biliqaa'ika wa tardhaa biqadhaa'ika

Artinya ; Ya Allah, berilah kami hati yang tenang, yang beriman akan saat perjumpaan dengan-Mu dan ridiha menerima segala ketetapan-Mu

14. Do'a Ketika Menghadapi Kesulitan

Allahumma Laa shla illaa maa ja'altahu sahlan wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlan

Artinya : Ya Allah, tiada yang mudah selain yang kau mudahkan dan Engkau jadikan kesusahan itu mudah jika Engkau menghendakinya jadi mudah. (HR. Ibnu Hibban)

15. Do'a Dimudahkan Segala Urusan

Allaahumma innii as-aluka tamaaman ni'mati fil asy-yaa'I kullihaa wasy syukra laka 'alayhaa hattaa tardhaa wa ba'dar ridhaa, wal khiyarata fii jamii'I maa yakuunu fiihil khiyaratu wa bijamii'I masyuuril umuuri kullihaa laa bima'suurihaa yaa kariimu.

Artinya : Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu kesempurnaan ni'mat pada segala perkara dan mensyukuri-Mu atasnya, sehingga Engkau ridha dan sesudah ridha itu lalu aku mohonkan pula kepada-Mu untuk memilih segala apa yang boleh dipilih dan dengan segala kemudahannya, bukan yang sulit lagi sukar dikerjakannya. Wahai Tuhan Yang Maha Mulia.

16. Do'a Mohon Husnul Khatimah

Allaahummaj'al khayra 'umrii aakhirahu wa khayra 'amalii khawaatiimahu wa khayra ayyaamii yawma lliqaa'ika

Artinya : Ya Allah, jadikanlah sebaik-baiknya umurku pada ujungnya dan sebaik-baiknya amalku adalah pada ujung akhirnya, dan sebaik-baiknya hariku adalah pada saat aku menemui-Mu. (Disebutkan oleh an-Nawawi)

17. Do'a Waktu Bersin dan Jawaban yang Mendengarnya

Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiina. (segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam),
kemudian dijawab oleh orang yang mendengarnya :
Yarhamukallahu (Semoga Allah merahmati anda), lalu orang yang yang bersin itu menjawabnya pula dengan : Yahdiikumullaahu wa yushlihu baalaku (Semoga Allah memberi hidayat bagi anda dan membaguskan keadaan anda). (HR. Bukhari)

18. Do'a Diberi Kesenangan Hidup

Allahumma ashlih lii fii diiniil ladzii huwa 'ishmatu amrii wa ashlih lii dun-yaayal latii fiihaa ma'aasyi wa shlih lii aakhiratil latii fiihaa ma'aadii waj'alil hayaata ziyaadata lii fii kulli khayrin wajalil mawta raahatan lii min kulli syarrin.

Artinya : Ya Allah, baguskanlah untukku agamaku yang jadi pangkal urusanku, baguskan pula duniaku yang jadi tempat penghidupanku, dan baguskanlah akhiratku yang padanya tempat kembaliku nanti, jadikanlah hidup tu menjadi bekal/tambahan bagiku dalam segala kebaikan, serta jadikanlah mati itu pelepas segala keburukan bagiku. (HR. Muslimin)

19. Do'a Berlindung Dari Mahluk Jahat

A'uudzu bikalimaatillaahit taammati min syarri maa khalaqa

Artinya : Aku berlindung dengan menyebut kalimat-kalimat Allah Yang Maha sempurna dari segala kejahatan apa yang telah diciptakan-Nya.

20. Do'a Dapat Bersyukur, Bersabar dan Tidak Menonjolkan Jasa

Allahummaj'alnii syakuuran waj'alnii fii 'aynii shaghiiran wa fii a'yunin naasi kabiiran.


Artinya : Ya allah, jadikanlah aku orang yang berterimaksih pada-Mu, jadikanlah aku orang yang shabar, jadikanlah aku kecil dalam pandanganku tapi orang yang besar dalam pandangan orang lain.

21. Do'a Mengunjungi Pengantin Baru

Baarakallahu likulli waahidin minkumaa fii shaahibihii wa jama'a baynakumaa fi khayrin

Artinya : Semoga allah memberkati masing-masing kamu berdua (mempelai) terhadap temannya, dan semoga Allah mengumpulkan kamu berdua dalam kebaikan (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majalah)

Baarakallahu laka wa baaraka 'alayka wa jama'a baynakumaa fi khayrin

Artinya : Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah, dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan. (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

22. Do'a Ketika Melihat Bayi Baru Lahir

Innii u'iidzuka bikalimaatillaahit taammati min kulli syaythaanin wa haammatin wamin kulli 'aynin laammatin.

Artinya : Aku berlindung untuk anak ini dengan kalimat Allah Yang Sempurna dari segala gangguan syaitan dan gangguan binatang serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya. (HR. Bukhari)

23. Do'a Mohon Putera yang Shalih

Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinna qurrata a'yunin waj'alnaa limuttaqiina imaaman.

Artinya : Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami dari isteri-isteri kami dan anak-cucu kami yang menyenangkan kami dan jadikanlah kami sebagai ikutan bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS. Al-Furqan, 74)

24. Do'a Mohon Dianugerahi Rizki yang Berkah

Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyiban wasta'milnii thayyiban. Allahummaj'al awsa'a rizqika 'alayya 'inda kibari sinnii wanqithaa'i umrii.Allaahummakfinii bihalaalika 'an haraamika wa aghninii bifadhlika 'am-man siwaaka.Allaahumma in nii as-aluka rizqan waasi'an naafi'an. Allaahumma innii as-alukan na'iimal muqiinal ladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

Artinya : Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik.
Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku.
Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya.
Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna.
Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni'mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.

25. Do'a Bagi Kedua Orangtua
Rabbighfirlii waliwaalidayya warhamhumma kamaa rabbayaanii shaghiiran

DZIKIR

Dzikir Seusai Sholat Fardhu

Dzikir atau mengucapkan kata-kata pujian yang mengingat kebesaran Allah SWT, adalah amalan istimewa Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Dzikir merupakan media yang membuat kehidupan Nabi dan para sahabat benar-benar hidup

* "Astaghfirullah hal Adziim . Alaa Djiilaa Ilaa ha Ilaa Hu wal Khoyyul Qoyyumuu Wa atuubu Ilaihi " 3 x ( Saya mohon ampun kepada Allah )
* "Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikraam"
( yaa Allah Engkaulah As salaam dan dari Engkaulah keselamatan, Maha Suci Engkau Wahai Tuhan yang Maha Agung dan Mulia )
* "Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ala kulli syai-in qodiir. Laa haula walaa quwwata illa billah. Laa ilaaha illallah walaa na'budu illa iyyahu. Lahun nikmatu walahul fadh-lu walahuts tsanaul hasan. Laa ilaaha illallah mukhlisiina lahud diina walau karihal kaafiruun. Allahumma laa mani'a lima a'thaita walaa mu'thiya lima mana'ta walaa yanfa'u dzal jaddi minkal jadd."
( Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata tiada sekutu bagi Allah baginya kerajaan dan pujian dan Dia atas segala sesuatu Maha Berkuasa. Tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah. Tiada Tuhan yang berhak diibadaahi selain Allah dan kami tidak beribadah kecuali kepadaNya semata. BagiNya nikmat keutamaan dan pujian yang bagus. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah bagiNya dien yang bersih meskipun orang kafir benci. Yaa Allah tidak ada yang mampu mencegah apa yang engaku berikan dan tiada yang mampu memberi apa yang Engkau cegah dan tidak bermanfaat pemilik kemuliaan kecuali dariMu)

"Subhanallah" 33 x (Maha Suci Allah)
"Alhamdulillah" 33 x (Segala Puji Bagi Allah)
"Allahu Akbar" 33 x (Allah Maha Besar)
"Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ala kulli syai-in qodiir"
( Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata. tiada sekutu bagi Allah baginya kerajaan dan pujian dan Dia atas segala sesuatu Maha Berkuasa).
Ayat Kursi
Surat Al Ikhlash.
Surat al Falaq .
Surat An Naas .

Lakukan dzikir tersebut di atas secara rutin setelah shalat fardu untuk untuk memperoleh keridhoan-Nya dan juga untukbekal kita di kemudian nanti. Juga semoga Allah SWT mengabulkan segala permohonan kita.Ammin yaa robbal’alamin.

Senin, 17 Agustus 2009

OPINI "BERITA.Com"


Pendekatan Strategi Dalam Membangun Ketahanan Pangan


Oleh: Redi Mulyadi

DALAM peraturan pemerintah No.68 Tahun 2002 tentangan pangan telah mengamanatkan, bahwa ketahanan pangan merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari ketersediaan pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau. Ketahanan pangan merupakan hal yang penting dan strategis, karena berdasarkan pengalaman di berbagai Negara menunjukkan bahwa tidak ada satu negarapun yang dapat melaksanakan pembangunan secara mantap sebelum mampu mewujudkan ketahanan pangan terlebih dahulu. Karena itu cukup beralasan UU No.7 Tahun 1996 tentang Pangan mengamanatkan bahwa pemerintah bersama masyarakat mewujudkan ketahanan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia.
Karena Indonesia adalah Negara dengan pendudukyang banyak dan tingkat pertumbuhannya yang tinggi, maka upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan meripakan tantangan yang harus mendapatkan prioritas untuk kesejahteraan bangsa. Indonesia sebagai Negara agraris dan maritime dengan sumberdaya alam dan social budaya yang beragam harus dipandang sebagai karunia Illahi untuk mewujudkan ketahanan pangan.
Upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional harus bertum[u pada sumberdaya pangan local yang mengandung keragaman antar daerah dan harus dihindari sejauh mungkin ketergantungan pada impor pangan terutama beras yang selama ini dilakukan.
Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, maka seluruh sector harus berperan aktif dan berkoordinasi secara rapi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kota/kabupaten, pemerintah desa dan masyarakat petani untuk meningkatkan strategi demi mewujudkan ketahanan pangan nasional.
****
PENDEKATAN dan strategi selalu diperlukan untuk mencapai suatu tujuan dari program pembangunan. Demikian pula untuk tujuan membangun ketahanan pangan yang kuat diperlukan suatu pendekatan dan strategi yang tepat. Ketahanan pangan umumnya didasari dengan tiga pendekatan, antara lain:
Pertama, yaitu pendekatan ketersediaan pangan, sehingga ketahanan pangan didefisikan sebagai ketersediaan pangan dalam jumlah yang memadai bagi semua penduduk untuk dapat hidup secara aktif dan sehat.
Kedua, yaitu pendekatan kepemilikan (entitlement) dan berdasarkan pandangan ini, maka pendekatan ini didasarkan pada pandangan adanyakases individu atau rumahtangga terhadap pangan, dimana semakin akses rumahtangga terhadap pangan akan semakin tinggi ketahanan pangan. Kerawanan pangan terjadi tatkala akses rumahtangga terhadap pangan mulai tersendat, sehingga milai asupan energi protein hanya 30 persen dari kebutuhan dietary intake.
Ketiga, yaitu ketahanan pangan selalu dikaitkan dengan stabilitas harga pangan di Indonesia, khususnya beras. Selama ini, orang dapat mengambil kesimpulan bahwa ketahanan pangan sinonim dengan stabilitas harga, oleh karenanya pandangan tersebut menggunakan pendekatan stabilitas harga pangan untuk ketahanan pangan.
Walaupun ketiga pendekatan tersebut menjadi strategi utama dalam upaya membangun ketahanan pangan nasional yang kuat, tetapi memiliki kelemahan yang cukup mendasar pula antara lain:
* Pendekatan ketersediaan pangan untuk ketahanan pangan yang diaplikasikan pada kebijakan ketahanan pangan selama rezim orde baru oleh pemerintah Indonesia memiliki kelemahan mendasar yang terkait dengan adanya sumsi yang dipakai. Ketiga asumsi yang dimaksud adalah 1) kelangkaan pangan secara tepat direfleksikan oleh meningkatnya harga pangan; 2) harga pangan yang terjangkau cukup dapat menjamin akses semua orang untuk memperoleh pangan yang memadai; dan 3) produksi pangan domestic yang cukup atau swasembada merupakan cara yang [aling efektif untuk mencapai stabilitas harga pangan dalam negeri yang pada gilirannya mencapai ketahanan pangan.
Padahal, signal harga pangan bukan merupakan indicator yang sempurna dari ketersediaan pangan. Dalam hal ini dicontohkan adanya krisis pangan pada tahun 1998 lalu, bahwa kenaikan harga pangan lebih disebabkan oelh adanya kesalahan informasi karena kurang kredibilitas pemerintah tentang kondisi stock pangan yang sebenarnya, juga adanya penyelundupan dan spekulasi terhadap harga pangan sebagai konsekuansi langsung dari terdevaluasinya nilai tukar rupiah yang sangat tinggi.
* Kelemahan pendekatan kedua, adalah kemampuan atau akses konsumen untuk memperoleh pangan yang cukup tidak hanya ditentukan oleh harga pangan saja, tetapu juga oleh pendapatan. Selain itu, akses terhadap pangan juga tidak hanya melalui pertukaran (pasar) saja, tapi juga di dalamnya adalah transfer non-pasar seperti pemberian, sumbangan dan lainnya.
* Kelemahan dari pendekatan ketiga, adalah swasembada merupakan cara yang paling efektif untuk menjamin stabilitas harga pangan dalam negeri tidak selalu benar, tapi juga oleh stabilitas produksi pangan Indonesia yang rentan terhadap iklim yang tidak normal maupun serangan hama-penyakit.
Kelemahan-kelemahan tersebut sebenarnya sebagai respon program ketahanan pangan bisa pada pendekatan kuantitatif ( suplly and demand ) dan bisa pada pangan yang dihasilkan oleh pertanian sawah/lading (padi dan palawija). Belajar dari pengalaman masa lalu, memperhatikan paradigma baru ketahanan pangan dan otonomi daerah, maka diperlukan pemilahan program ketahanan pangan yang lebih detail di masing-masing daerah dan tidak semua program harus ditangani oleh pemerintah pusat.
*****
UNTUK mengatasi berbagai kelemahan strategi atau program ketahanan pangan di Indonesia selama ini, maka diperlukan konsep dengan paradigma baru dalam upaya mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan. Sejak tahun 2002 lalu, badan ketahanan dunia (FAO) lebih konprehensif melakukan pendekatan strategi ketahanan pangan dengan melihat integritas oleh berbagai instansi terkait sebagai pemangku kepentingan (stakeholder). Dalam hal ini, menurut FAO harus melihat dimensi ketahanan pangan yang meliputi 4 dimensi sebagai berikut:
Pertama, dimensi kebijakan pemerintah (government macro and micro policy) dalam penanganan rawan pangan (vulnerability), sehingga ketahanan pangan dapat dipertahankan.
Kedua, dimensi ekonomi pangan yaitu sejauh mana pemerinyah memperhatikan semua sub-sustem ketahanan pangan mulai ketersediaan pangan, distribusi hingga konsumsi pangan. Apakah ada pengorganisasian dan pendanaan (konsentrasi financial) yang memadai untuk bidang ekonomi pangan ini, sehingga menjamin ketersediaan pangan pada tingkat rumahtangga dengan aman, cukup dan terjangkau sesuai dengan UU No.7/1996.
Ketiga, dimensi praktek pemeliharaan kesehatan meliputi pengembangan pola asuh, pengembangan pola menu beragam bergizi berimbang, serta pemantauan kesehatan tingkat keluarga.
Keempat, dimensi pengembangan health and sanitation (kesehatan masyarat dan lingkungan). Kegiatan memantau food intake (asupan makanan) pada tingkat rumahtangga dan tentunya melakukan berbagai kegiatan peningkatan advokasi dan penyuluhan di bidang kesehatan, serta sanitasi terus dikembangkan sampai tingkat rumahtangga. Pemantauan ini bukan hanya aspek kuantitas saja tetapu juga termasuk mutu dan keamanan pangan.
*****
SEBAGAIMANA telah dipaparkan di bagian atas, bahwa untuk mengatasi berbagai kelemahan strategi atau program ketahanan pangan di Indonesia selama ini, maka diperlukan lonsep dengan paradigma baru untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan. Ketahanan yang berkelanjutan dapat dibangun dengan memperhatikan tiga strategi sebagai berikut:
Pertama, adalah program ketahanan pangan didasarkan bahwa pangan merupakan hak azasi dan kebutuhan mendasar bagi manusia. Karena itu, tujuan utamanya adalah melindungi, mempertahankan dan mejamin semua orang untuk memperoleh pangan secara memadai.
Kedua, adalah ketahanan pangan harus diperlakukan sebagai suatu system hirarki, mulai dari tingkat global sampai ketahanan pangan tingkat rumahtangga atau individu.
Ketiga, adalah sistem ketahanan pangan perlu memperhatikan tiga elemen yakni sistem monitoring dan kewaspadaan dini, sistem keamanan social dan komponen pendukung berupa pressure group yang merupakan peranan strategi dari pemerintah yang bersig, berwibawa dan bertanggung jawab, serta menghormati kebebasan pers.
Dan memang kita akui, bahwa masalah yang berkaitan dengan ketahanan pangan di masa mendatang memiliki multidimensi, sehingga keterkaitan lintas sektoral dalam penanganan masalah pangan akan sangat kuat. Oleh karena itu, kandungan politiknya baik national maupun internasional relative cukup tinggi, maka strategi pemantapan ketahanan pangan di masa depan perlu mengantisipasi berbagai kondisi tersebut.
Pada akhirnya, bahwa pendekatan pembangunan ketahanan pangan secara konsisten dengan membangun ketahanan pangan tingkat rumahtangga dengan menerapkan pola manajerial desentralisasi. Dalam hal ini, peran masyarakat menjadi kunci utama dalam pemantapan ketahanan pangan rumahtangga. Sementara itu, pemerintah pusat dan pemerintah daerah lebih berperan sebagai fasilisator, serta menciptakan kondisi yang kondusif bagi masyarakat dan swasta untuk berpartisipasi dalam pembangunan pangan di Indonesia.Semoga.(**)
Penulis adalah pemerhati pembangunan pertanian tinggal di Kota Tasikmalaya.

DEDE FUAD,MH "Punten ngiring mejeng di blog BERITAREDI.Com supados langkung beken he...he..."

POLISI KEHORMATAN


PESANTREN SURYALAYA TERIMA GELAR
POLISI KEHORMATAN

BERITA.Com
Sebanyak 117 orang dari berbagai kalangan,dan 6 orang diantaranya dari pondok Pesantren Suryalaya mendapatkan Gelar Polisi Kehormatan (Honorary Police). Gelar tersebut diberikan Kapolwil Priangan, Kombes Pol Drs. Anton Charliyan, MPKN pada peringatan HUT Bhayangkara ke-62 tahun 2008 di halaman upacara Polwil Priangan, Jl. Jenderal Sudirman no. 204. Garut.
Secara simbolik, Kombes Pol Anton Charliyan menganugerahkan gelar tersebut diantaranya kepada mantan Gubernur dan Wagub Jawa Barat, Danny Setiawan dan Nu'man. Pangersa Abah, tidak ikut hadir dalam acara tersebut. Beliau mewakilkan kepada salah seorang puteranya, H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar. yang juga mendapatkan gelar ini. Yang lainnya adalah 3 orang Pengemban Amanah Sesepuh; KH. Noor Anom Mubarok, BA, KH. Zaenal Abidin Anwar dan H. Dudun Nursaiduddin Ar. Terakhir, R. Bobon Setiadji, pembina Inabah 24.
Usai upacara, Samapta Polres Garut mempersembahkan demonstrasi kekuatan fisik berupa membengkokkkan besi beton (untuk pondasi) dengan menggunakan perut, kerongkongan dan satu jari tangan. Dua orang polisi saling berhadapan membengkokkan besi beton tersebut. "Jika bapak-bapak ingin membangun rumah, tidak usah menyewa kuli, panggil saja kami", kata MC diikuti tepuk tangan yang hadir. Demonstrasi paling mendebarkan adalah membelah buah semangka yang disimpan di atas perut dengan menggunakan samurai.
HUT Bhayangkara kali ini mengambil thema "Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Lanjutkan Pembangunan Polri Yang Profesional Dan Dipercaya Masyarakat". Rombongan dari pesantren Suryalaya berangkat pada pukul 06.30 WIB. setelah memohon do'a dan restu kepada Pangersa Abah dan tiba kembali di pondok pada pukul 13.30 WIB.
"Jika polisi pensiun mamasuki usia 58 tahun, maka Polisi Kehormatan adalah Polisi Seumur Hidup", kata Kapolwil Priangan Kombes Pol Drs.anton Charliyan MPKN pada acara syukuran usai upacara.

PERTANIAN


BUDIDAYA STROBERI YANG INTENSIF

Oleh: Redi Mulyadi

STROBERI atau strowberry dan juga dikenal dengan nama arbei dari bahasa Belanda aardbei adalah sebuah genus tumbuhan dalam keluarga Rosaceae merupakan nama buah dari tanaman ini. Ada kurang lebih 20 spesies stroberi. Spesies yang paling umum ditanam untuk dijual adalah dari hasil penyilangan Fragaria × ananassa.

Buah stroberi berwarna hijau keputihan ketika sedang berkembang, dan pada kebanyakan spesies berubah menjadi merah ketika masak. Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang merupakan gabungan dari streaw atau "straw" dan berige atau "berry". Alasan pemberian nama ini masih tidak jelas. Beberapa spesies Lepidoptera mengambil sumber makanannya dari tumbuhan stroberi, menjadikan spesies ini hama utama tanaman stroberi.

Prospek agribisnis strowberry di Indonesia cukup cerah dilihat dari daya serap pasar dan permintaan dunia dari tahun ke tahun yang terus meningkat.Karena itu tak mengherankan,bila para petani tampak mulai bergairah membudidayakan tanaman stroberi secara intensif seperti yang dilakukan petani di daerah Tawangmangu Kab. Karang Anyar, Sukabumi, Cipanas Kab.Cianjur, Lembang dan Rancabali Bandung, Batu Kab.Malang dan Bedugul (Bali).

Adapun syarat tumbuh bagi tanaman strawberry yakni lama penyinaran matahari 8 - 10 jam hari. Curah hujan berkisar 600 700 mm pertahun. Suhu udara optimum antara 17°C - 20°C dan suhu udara minimum antara 4°C - 5°C dengan kelembaban udara 80% - 90%.Ketinggian tempat yang ideal antara 1000-2000 m dpl.

Dalam pengolahan lahan yang akan ditanami stroberry,maka sebelum lahan dibajak digenangi air lebih dahulu semalam. Keesokan harinya dilakukan pembajakan sedalam sekitar 30 cm, setelah itu tanah dilakukan pengeringan baru dihaluskan.
Kemudian membuat bedengan dengan ukuran lebar 80-120 cm, tinggi 30 - 40 cm, jarak antar bedengan 60 cm, panjang menyesuaikan keadaan lahan.Juga dalam pengapuran diberikan dolomit sekitar 100-200 kg per 1000 m2 sesuai kondisi lahan.

Sebelum penanaman,maka perlu dilakukan pemupukan dasar dengan cara menaburkan pupuk UREA 20 kg + TSP 25 kg + KCl 10 kg dan Pupuk kandang 2-3 ton untuk lahan 1 hektar. Untuk mencegah serangan penyakit karena jamur utamanya penyakit layu,berikan fungisida yang telah dicampur dengan pupuk kandang dan didiamkan selama seminggu.
Pemasangan mulsa plastik pada saat matahari terik agar mulsa dapat memuai sehingga dapat tepat menutup bedengan dengan tepat.Selanjutnya pembuatan lubang tanam berdiameter lubang ± 10 cm, dengan jarak lubang 30 - 50 cm. Model penanaman dapat berupa dua baris berhadap-hadapan membentuk segi empat.
Adapun cara penanaman strawberry adalah dengan memindahkan bibit beserta medianya.Sebaiknya bibit dikondisikan selama sebulan sebelum tanam di kebun,dan saat penanaman usahakan perakaran tidak rusak saat membuka polibag. Selain itu, perlu dilakukan penyulaman paling lambat 15-30 hari setelah tanam, pada sore hari dan segera disiram,serta penyiangan dilakukan pada gulma/ rumput liar yang menyaingi kehidupan tanaman.Kemudian dilakukan pemangkasan,dilakukan pada sulur yang kurang produktif, rimbun, serta pada bunga pertama untuk memperoleh buah yang prima.
Pemupukan susulan diberikan pada umur 1,5 - 2 bulan setelah tanam dengan NPK (16-16-16) sebanyak 5 kg yang dilarutkan dalam 200 liter air, kemudian dikocorkan sebanyak 350-500 cc/ tanaman.
H A M A
a.) Kutu daun (Chaetosiphon fragaefolii) Bagian yang diserang : permukaan daun bagian bawah, kuncup bunga, pucuk atau batang muda. Gejala : pucuk atau daun keriput, keriting, kadang-kadang pembentukan daun atau buah terhambat.
b.) TUNGAU (Tetranychus sp -Tarsonemus sp).Bagian yang diserang: daun,tangkai, dan buah. Gejala :daun bercak kuning, coklat, keriting akhirnya daun rontok. c.) Kumbang penggerek bunga (Anthonomus rubi), kumbang penggerek akar (Othiorhychus rugosostriatus), kumbang penggerek batang (O. Sulcatus)Gejala serangan : adanya bubuk berupa tepung pada bagian yang digereknya.

PENYAKIT
a.) Layu verticillium (Verticillium dahliae)
Bagian yang diserang: mulai dari akar, daun, hingga tanaman. Gejala : daun yang terinfeksi mula-mula berwarna kuning hingga kecoklatan, serangan berat akan mengakibatkan kematian pada tanaman. Pengendalian : perbaikan drainase, sanitasi kebun, gunakan insektisida. b.) Busuk buah matang/Ripe Fruit Rot (Colletotrichum fragariae Brook) Busuk Rhizopus/ Rhizopus spot ( Rhizopus stolonifer ).Bagian yang diserang : buah. Gejala : RFR yang khas hanya pada buah yang masak saja dengan buah busuk disertai massa spora berwarna merah jambu. Pada RS, buah busuk lunak, berair, bila dipijit keluar cairan keruh. Pengendalian : musnahkan buah yang terinfeksi, perbaiki drainase kebun, pemulsaan, rotasi tanaman, dan gunakan insektisida pada awal penanaman yang dicampur dengan pupuk kandang yang telah jadi.

c.) Busuk akar ( Idriella lunata, Pythium ulmatum, Rhizoctonia solani)
Bagian yang diserang : akar tanaman. Gejala : Idriella menyebabkan ujung-ujung akar tanaman berwarna hitam dan busuk, sedangkanPhytium mengakibatkan batang batas akar di permukaan tanah busuk berwarna coklat hingga hitam. Sementara jamur Rhizoctonia mengakibatkan sistem perakaran busuk kebasah-basahan. Pengendalian : cabut dan musnahkan tanaman yang terserang berat, tambahkan kapur untuk tanah, lakukan rotasi tanaman, perbaikan drainase tanaman,dan berikan insektisida pada awal penanaman.

d.) Empulur merah (Phytophtora fragrariae)
Bagian yang diserang : perakaran tanaman. Gejala : tanaman kerdil, daun tudak segar bahkan dapat layu, bila diamati akar dan pangkal batang yang terinfeksi pada empulurnya akan tampak berwarna merah.Penyakit ini mengakibatkan serangan hebat pada kondisi drainase jelek dan masam/pH rendah. Pengendalian : perbaiki drainase, pengapuran tanah, rotasi tanaman, gunakan bibit yang sehat dan hindari luka mekanis pada pemeliharaan, musnahkan tanaman yang terinfeksi berat,dan campurkan pada awal penanaman.


PANEN
Tanaman stroberi mulai berbunga pada umur 2 bulan setelah tanam. Namun pembuahan atau pembungaan pertama sebaiknya dibuang atau dipangkas karena belum bisa berproduksi secara optimum. Setelah tanaman berumur 4 bulan mulai diarahkan untuk lebih produktif berbunga dan berbuah. Panen dilakukan dengan dipetik atau digunting bagian tangkai buah beserta kelopaknya, dan dilakukan secara periodik dua kali seminggu. (REDI MULYADI)****

Minggu, 16 Agustus 2009

POLISI KEHORMATAN


Pemred Priangan Menerima Penghargaan Honorary Police


BERITA.Com
Kepala Polisi Wilayah (Kapolwil) Priangan, Kombes Pol Drs Anton Charliyan, MPKn mengangkat Pemimpin Redaksi Harian Umum (HU) Priangan Hazairin Mahesa dan wartawan Galamedia H Hengki sebagai warga kehormatan kepolisian (honorary police). Selain itu Kapolwil juga memberikan piagam penghargaan pada HU Priangan sebagai media terbaik di Priangan Timur dibidang informasi.
Penganugrahan pengharggan tersebut di berikan Kapolwil pada saat berkunjung dan bersilaturahmi ke dapur redaksi HU Priangan Kamis (22/5) beserta rombongan dalam rangkain kerja kapolwil yang diterima jajaran redaksi HU Priangan.
Pengharggan tersebut diberikan kapolwil atas dedikasi HU Priangan selama ini dalam memberikan informasi lokal wilayah Priangan Timur yang akurat aktual serta bahasnya mudah dipahami.
Dalam kunjungan selama kurang lebih satu sengah jam tersebut kapolwil banyak bercerita mengenai eksistensi media massa utamanya Priangan dalam memberikan informasi pada masyarakat di wilayah Priangan Timur.
Kombes Pol Anton Charliyan mengatakan,bahwa HU Priangan adalah media massa yang paling pertama dibaca, disamping bahasanya sederhana mudah dipahami juga Priangan memberikan informasi seputar wilayah Priangan Timur yang juga wilayah kerjanya.
"Jujur saja, saya membaca 10 media massa setiap harinya dan yang paling pertama saya baca adalah Priangan. Karena wilayah kerja saya adalah Priangan Timur dan saya ingin informasi di wilayah itu," katanya.
Kapolwil mengakui jika pers atau media massa itu memiliki peranan yang strategis dalam menciptakan sebuah kondisi di masyarakat, apakah kondisi itu di buat chaos (rusuh) atau dibuat kondusif tergantung pemberitaan yang di keluarkan oleh media itu sendiri.”Karena itu, kami berharap agar media massa bisa memberikan sebuah informasi yang menyejukan atau sebagai kontrol sosial yang konstruktif dan tidak propokatif,bukan malah membuat rusuh dan kekacauan.”tutur perwira ini.
Selain itu ,Anton juga mengakui ada sebuah kesamaan antara polisi dengan media massa yakni sama sama melakukan kontrol sosial di masyarakat. Namun perbedaanya polisi melakukan kontrol sosialnya melalui jalur hukum ,sementara media melakukan kontrolnya melalui tulisan.
Jika saja kedua komponen tersebut disatukan antara hukum dan tulisan akan menjadi sebuah kekuatan raksasa yang mampu membawa perubahan kondisi negri ini, kedepan tidak akan ada masyarakat yang bodoh. Makanya lanjut perwira yang juga gemar melukis, antara media massa dengan polisi itu perlu menjalin sebuah kemitraan demi terciptanya kemajuan di masyarakat.
"Saya berharap persaudaraan ini bisa diterima dengan ketulusan hati, dan saya datang ke Priangan ini hanya untuk menyuarakan hati masyarakat Priangan Timur. Karena mereka mengaku sudah cape dengan kondisi politik yang carut marut, mereka mengharapkan agar situasi aman dan kondusif," pintanya.(ABDUL LATIEF)
Sumber: HU Priangan

POLISI KEHORMATAN


Kapolwil Priangan Kombes Pol.Anton Charliyan
Berikan Honorary Police Kepada Kepala Kesbang Garut



BERITAREDI.Com
Kapolwil Priangan Kombes Pol. Anton Charliyan,MPKn memberikan penghargaan berupa honorary police (polisi kehormatan) kepada Drs.H.Suherman Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kab.Garut belum lama ini. Penghargaan tersebut diberikan kepada Drs.H.Siherman sebagai tokoh masyarakat yang telah banyak membantu tugas kepolisian.
“Penghargaan honorary police ini diberikan kepada Pak H.Suherman karena selama ini beliau dinilai telah banyak membantu tugas kepolisian di masyarakat.”ujar Kombes Pol. Anton Charliyan,MPKn
Kapolwil menjelaskan, bahwa Suherman adalah salah seorang tokoh muda di Kab.Garut yang aktif di berbagai lembaga kemasyarakatan, sehingga Kepala Kesbang ini dianggap layak membantu tugas kepolisian di masyarakat dan menerima penghargaan sebagai polisi kehormatan.
Sementara itu, Drs.H.Suherman seusai menerima penghargaan tersebut mengungkapkan, bahwa penghargaan sebagai Polisi Kehormatan yang diterimanya merupakan sebuah amanah yang harus selalu dijaga dan dijalankan sebaik mungkin.
“Insyaallah, saya akan berusaha sebaik mungkin mewujudkan apa yang menjadi kepolisian.”ungkap Kepala Kesbangpol Kab.Garut ini.
Selama ini, Kapolwil Priangan Kombes Pol. Anton Charliyan MPKn telah banyak memberikan penghargaan polisi kehormatan kepada berbagai elemen masyarakat mulai wartawan, ulama, pendidik, pengacara, tokoh masyarakat hingga masyarakat biasa.
Sebagaimana diketahui, bahwa para penerima polisi kehormatan dari Polwil Priangan tersebut dinilai layak dan pantas mengemban tugas kepolisian di masyarakat. Hal itu berdasarkan penilaian kepolisian sesuai dengan kepasitas masing-masing penerima. Karena itu, mereka yang menjadi Polisi Kehormatan harus memberikan contoh yang positif kepada masyarakat, terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).
Selain itu, para penerima penghargaan Polisi Kehormatan dari Kapolwil Pringan Kombes Pol anton Charliyan MPKn juga harus mampu menjadi warga yang benar-benar taat hokum, agar masyarakat meneladaninya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.(REDI MULYADI)***

OPINI "BERITA.Com" Perpolisian Masyarakat


PROGRAM POLMAS PERLU SOSIALISASI

Oleh: Redi Mulyadi



SEJAK awal tahun 2007 lalu, Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) punya program yang cukup keren, yakni perpolisian masyarakat (POLMAS). Namun, gaung Polmas tampaknya kurang greget, sehingga kurang memasyarakat. Kenapa demikian? Apa mungkin karena kurang sosialisasi?!

Padahal, program Polmas itu cukup sarat dengan muatan-muatan demokrasi dan edukasi dalam upaya mewujudkan kemandian masyarakat di dalam memecahkan berbagai masalah gangguan Kamtibmas di lingkungannya.Karena itu, jajaran POLRI akan menghadapi berbagai tugas yang makin berat dan kompleks.

Sejak jabatan Kapolda Jawa Barat dijabat oleh Irjen Pol.Drs.Sunarko DA diganti dengan Irjen Pol.Drs.Susno Duadji SH MSc dan kini dijabat Irjen Pol.Drs.Timur Pradopo tampaknya begitu antusias untuk mensosialisasikannya. Dengan kata lain, bahwa jajaran Polda Jabar mensukseskan program perpolisian masyarakat, yang dalam bahasa asingnya disebut Community Policing.

Nah, rupanya langkah Kapolda Jabar dibuktikan oleh Kapolwil Priangan Kombes Pol. Anton Charliyan,MPKn yang memberikan penghargaan sebagai Polisi Kehormatan kepada sejumlah tokoh dari unsur kepolisian yang berprestasi, pendidik,ulama, wartawan, birokrat, mahasiswa, tokoh masyarakat dan bahkan masyarakat yang telah banyak membantu tugas POLRI.

*****

BILA mencermati program POLMAS tersebut, bahwa POLRI sebagai inti Pembina Kamtibmas hanyalah berperan sebagai fasilisator yang tugasnya tidak lebih dari mediator dan moderator, yang harus membimbing dan mengarahkan masyarakat untuk mampu menuntaskan berbagai masalah yang mereka hadapi tanpa menimbulkan masalah baru yang lebih berat, sehingga akan menganggu kondusivitas Kamtimbas secara luas.

Sebab, program POLMAS merupakan satu program dalam upaya membentuk masyarakat yang mampu mandiri mengatasi berbagai permasalahan social dilingkungannya, termasuj pemecahan-pemecahan masalah gangguan Kamtibmas.

Sebagaimana diketahui, bahwa program POLMAS memang dirancang dengan manajerial yang terarah, terprogram dan terukur hasilnya. Dengan kata lain, ketika menghadapi satu permasalahan soaial yang mengarah kepada indikasi gangguan Kamtibmas, masyarakat harus mampu menyelesaikan masalah tersebut, dan tidak lagi mengandalkan aparat kepolisian. Kecyali untuk masalah-masalah gangguan yang mengarahpada tindak kriminalitas atau masalah yang harus diselasaikan melalui pendekatan hukum yang menjadi bidang tugas polisi.

Pemecahan masalah dimaksud ditempuh melalui jalur musyawarah mufakat, yakni seluruh elemen masyarakat untuk duduk bersama membahas suatu permasalahan dengan dimediasi pemerintahan setempat dan bintara POLMAS. Sebabm bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas saat ini tidak selalu harus ditangani dengan pendekatan keamanan atau hokum yang dilakukan oleh kewenangan polisi saja.

Dalam kaitan program POLMAS inilah, aparat kepolisian sekarang dituntut mampu melakukan pendekatan psikologi social yang bersifat persuasive, bukan represif.Polisi juga harus mampu bersikap preventif bukan kuratif. Kecuali hanya dalam situasi tertentu dan tugas-tugas penegakan hokum saat bertindak refresif dan kuratif.

*****

DALAM upaya memelihara Kamtibmas, polisi harus mampu mencegahnya sebelum terjadi suatu kejahatan, dan tindakan lain. Selain sebagai stabilisator, POLRI juga harus bisa memainkan peran sebagai negosiator yang memberikan bimbingan dan pendidikan kepada masyarakat, sehingga cakrawala masyarakat akan peran, kewenangan dan tugas-tugas POLRI semakin terbuka.

Dengan demikian, filosofis dari program POLMAS itu maka POLRI dan masyarakat, kedudukannya sejajar dan satu sama lain berperan sama-sama sebagai mitra untuk bersama pula mampu memecahkan berbagai masalah soaial, serta keseluruhannya berorientasi kepada kepentingan maupun kebutuhan masyarakat, bangsa dan Negara.

Dalam kaitan ini pula, bahwa kata kunci community policing (perpolisian masyarakat) adalah terwujudnya sinergi antara kepolisian dengan masyarakat yang memberikan peluang lebih besar untuk mencapai tujuan, yakni keberhasilan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, yang ditandai dengan semakin berkurangnya angka kriminalitas serta meningkatnya kualitas hidup dan harmoni social.

Betapa bagusnya program POLMAS tersebut di atas sehngga perlu sosialisasi yang intensif. Program POLMAS ini dinilai sukses apabila nuansa-nuansa rasa aman, rasa tenteram dan rasa keadilan setelah benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Karena itu penulis berharap, pemberian “Police Award” Polisi Kehormatan dari Kapolwil Priangan Kombes Pol. Anton Charliyan kepada elemen masyarakat yang layak, merupakan salah satu langkah positif dalam mewujudkan program POLMAS di kemudian hari.Semoga!@@@

Penulis adalah wartawan dan pemerhati masalah Kepolisian Republik Indonesia.